Logo Lintasterkini

Anggota FPI “Terduga Teroris” Rencanakan Bom Bunuh Diri

Budi S
Budi S

Jumat, 05 Februari 2021 23:39

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

 

JAKARTA – Ada fakta baru ditemukan polisi sekaitan dengan penangkapan 19 anggota Front Pembela Islam (FPI) terduga teroris di Makassar.

Selain disebut terafiliasi dengan ISIS, mereka teridentifikasi akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Ditengarai akan melakukan serangkaian aksi bom bunuh diri.

Hal itu diungkap Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, usai para teroris itu tiba di Jakarta.

“Kelompok ini memiliki rencana kegiatan yang mengganggu kamtibmas dengan melakukan aksi bom bunuh diri,” ungkap Brigjen Pol Rusdi dalam keterangannya, Jumat (05/02/2021).

Belasan terduga teroris itu ternyata jaringan yang sama dengan dua terduga yang sebelumnya ditembak mati di Komplek Villa Mutiara, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, pada 6 Januari 2021 lalu.

Keduanya yakni, M Rizaldi (44) dan Sanjai Ajis (22).

“Kedua terduga teroris yang meninggal saat dilakukan penindakan, telah dimakamkan di Makassar semua. Tidak ikut dibawa ke Bandara Soetta, Tangerang,” tutur Brigjen Pol Rusdi.

Saat ini lanjut dia, sudah ada 26 terduga teroris diamankan. Tujuh di antaranya ditangkap di Gorontalo, dan 19 lainnya di Makassar.

Dari total itu, tiga di antara terduga teroris tersebut, mengalami luka tembak. Mereka kini ditahan di Mabes Polri untuk diproses hukum lebih lanjut.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam memastikan jika mereka yang ditangkap di Makassar merupakan anggota FPI.

Itu diketahui setelah Densus 88 Antiteror melakukan pemeriksaan.

“Tapi tidak semua (terduga teroris yang ditangkap adalah anggota FPI),” kata jenderal bintang dua ini.

Dia pun juga bilang, jika terduga teroris itu berbaiat kepada ISIS pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi sejak 2015 lalu. Pembaitan saat itu, dihadiri sejumlah pimpinan FPI.

“Tahun 2015 itu ada pembaiatan di Limboto. Pembaiatannya waktu itu sama anggota FPI,” beber Irjen Pol Merdisyam. (*)

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...