Logo Lintasterkini

LPM Profesi UNM Buka Kesempatan Mahasiswa jadi Penyiar Kampus

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 05 Oktober 2017 20:37

Studiao siaran radio kampus LPM Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM).
Studiao siaran radio kampus LPM Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM).

MAKASSAR – Dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2017 yang digelar LPM Profesi UNM, peserta diajarkan berbagai ilmu jurnalistik dan broadcasting. Dengan ilmu broadcasting peserta memiliki ilmu bagaimana cara menjadi penyiar radio yang handal. Penerimaan materi akan berlangsung di beberapa studio Radio Makassar, Jumat (13/10/2017).

Ketua Panitia DJMTD tahun 2017, Faisal Fajar menjelaskan, materi broadcasting yang akan diberikan akan menjadi kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk menjadi penyiar. Terlebih mereka dapat melakukan praktik secara langsung dipandu oleh ahlinya di lokasi kegiatan nantinya. Peserta akan dibawa mengunjungi empat radio aktif di Makassar yaitu Radio Republik Indonesia (RRI), IRadio, Prambors, Serta Bharata.

“Selain penulisan, kita juga akan bawa peserta ke media-media broadcasting seperti radio. Disana mereka akan belajar langsung dari penyiar, station manager, dan orang-orang lainya yang bergelut dalam dunia penyiaran, jadi ini kesempatan emas, bagi yang mau jadi penyiar,” jelasnya.

Sementara itu, Station Manager LPM Profesi UNM, Endang Sriwahyuni memaparkan jika Profesi FM yang mengudara di frekuensi 107,9 Mhz dapat menjadi tempat belajar pertama bagi mahasiswa UNM untuk menjadi seorang penyiar. Profesi FM sendiri merupakan salah satu divisi dari LPM Profesi, yang melakukan kerja media di dunia broadcasting atau penyiaran.

“jadi penyiar itu bisa menambah wawasan kita. Profesi juga bisa menjadi tempat pertama, untuk teman-teman yang minat di dunia broadcasting untuk belajar,” paparnya.

Senada dengan itu, Pemimpin Umum LPM Profesi Resa Saputra, berharap dari DJMTD kali ini dapat menghasilkan bibit unggul yang akan berkarir di dunia penyiaran. Sehingga, setelah keluar dari Profesi atau setelah mengikuti DJMTD, tak hanya reporter atau kemampuan menulis saja yang tercipta, namun juga penyiar radio yang siap terjun ke dunia broadcasting. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....