Logo Lintasterkini

KY : Hakim di Wilayah Terpencil Dapat Tunjangan

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 05 November 2012 18:29

Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman
Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman

Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman

MAKASSAR – Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman mengatakan, hakim yang bertugas di wilayah terpencil akan diberi tunjangan khusus.

“Jadi perbulan akan mendapatkan Rp20 juta dari gaji dan tunjangan, khususnya hakim yang berada di Tobelo dan Wamena, Papua,” kata Eman pada workshop tentang Rapor Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di Makassar, Senin.

Menurut dia, selama ini hakim yang bertugas di daerah kurang mendapatkan motivasi berupa insentif. Padahal itu dinilai penting untuk mengantisipasi adanya hakim yang mencari insentif tambahan dari kasus yang sedang ditangani.

Karena itu, lanjut Eman, pihaknya sudah mengusulkan kenaikan gaji hakim dan hal tersebut sudah disetujui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Hanya saja kenaikan gaji itu untuk hakim saja, sedang Hakim Adhoc belum,” katanya. Dia mengatakan, rapor kinerja para hakim perlu diperbaiki. Khususnya masalah budaya kerja.

Budaya kerja yang masih rawan menyebabkan terjadinya KKN, lanjut dia, harus dapat diputus mata rantainya. “Misalnya budaya kerja hakim yang terkait dengan pengacara dan klien,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...