Logo Lintasterkini

KY : Hakim di Wilayah Terpencil Dapat Tunjangan

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 05 November 2012 18:29

Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman
Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman

Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman

MAKASSAR –Â Ketua Komisi Yudisial RI Prof Dr H Eman Suparman mengatakan, hakim yang bertugas di wilayah terpencil akan diberi tunjangan khusus.

“Jadi perbulan akan mendapatkan Rp20 juta dari gaji dan tunjangan, khususnya hakim yang berada di Tobelo dan Wamena, Papua,” kata Eman pada workshop tentang Rapor Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di Makassar, Senin.

Menurut dia, selama ini hakim yang bertugas di daerah kurang mendapatkan motivasi berupa insentif. Padahal itu dinilai penting untuk mengantisipasi adanya hakim yang mencari insentif tambahan dari kasus yang sedang ditangani.

Karena itu, lanjut Eman, pihaknya sudah mengusulkan kenaikan gaji hakim dan hal tersebut sudah disetujui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Hanya saja kenaikan gaji itu untuk hakim saja, sedang Hakim Adhoc belum,” katanya. Dia mengatakan, rapor kinerja para hakim perlu diperbaiki. Khususnya masalah budaya kerja.

Budaya kerja yang masih rawan menyebabkan terjadinya KKN, lanjut dia, harus dapat diputus mata rantainya. “Misalnya budaya kerja hakim yang terkait dengan pengacara dan klien,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News16 Mei 2022 07:49
40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, Masyarakat Mengenang Berbagai Keteladanan Beliau
Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 07:08
Soal Lebam di Jenazah Bandar Sabu 2 Gram, Polisi Belum Bisa Jelaskan Penyebabnya
Hanya saja saat ditanya terkait lebam di tubuh Arfandi, Kasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Doli Martua yang ditemui wartawan saat release kasus...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 03:49
Remaja Tewas Usai Ditangkap Polrestabes Makassar, Polisi Sebut Bandar, Barang Bukti 2 Gram
Dari video jenazah yang diperoleh wartawan di RS Bhayangkara, terdapat luka lebam di sejumlah tubuhnya. Antara lain, wajah, dan lengannya....
Hukum & Kriminal15 Mei 2022 13:42
Tiga Pelaku Tawuran Ditangkap, Mereka Ketakutan dan Sembunyi di Kolong Ranjang
Aparat kepolisian mengamankan tiga orang pelaku tawuran di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka diringkus usai menerobos masuk ke rumah warga d...