Logo Lintasterkini

Simak, BPJS Kesehatan Punya Sistem Pembayaran yang Baru

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 06 September 2016 15:17

Simak, BPJS Kesehatan Punya Sistem Pembayaran yang Baru

MAKASSAR – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai memberlakukan sistem pembayaran baru bagi peserta JKN di mana teknis pembayaran iuran dilakukan secara kolektif dalam satu kali transaksi. Sistem tersebut diterapkan secara serentak di Tanah Air, termasuk di Kota Makassar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Makassar, dr. Elsa Novelia mengatakan sistem pembayaran tersebut cukup dilakukan melalui virtual account (VA) kolektif yang mengacu ke kartu keluarga (KK) sehingga langsung mencakup seluruh anggota keluarga yang terdaftar dalam kesepertaan.

“Sistem ini mulai berlaku per September 2016, yang mana cukup satu VA keluarga yang melakukan pembayaran,“ katanya dalam paparan resmi di Makassar, Selasa (6/9/2016).

Dia mencontohkan, jika dalam satu keluarga ada empat anggota, kemudian salah satu dari anggota keluarga melakukan pembayaran, maka nominal yang harus dibayar yaitu akumulasi dari empat orang sekaligus dalam satu kali transaksi.

Selama ini peserta BPJS Kesehatan membayar iuran satu per satu. Sistem yang baru mengharuskan peserta dan anggota keluarga yang terdaftar membayar iuran secara kolektif dengan satu biaya administrasi.

“Saat ini kami tengah menggencarkan sosialisasi terkait perubahan sistem VA ini di wilayah kerja KCU Makassar, kami harap peserta JKN bisa memahami dan melakukan penyesuaian,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News20 April 2024 17:18
BAN-PDM Provinsi Sulsel Gelar Rakorda Tahap Satu, Ini Tujuannya
MAKASSAR – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN PDM) Provinsi Sulsel menggelar Rap...
Hukum & Kriminal20 April 2024 16:15
Kasus Vandalisme Baliho Bupati Pinrang, Polres Pinrang Layangkan Undangan Klarifikasi Kepada Dua Orang
PINRANG — Kasus Vandalisme Baliho Bupati Pinrang Irwan Hamid menyita perhatian dan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Pinrang be...
Pendidikan20 April 2024 13:54
Di Dies Natalis FH Unhas, Danny Pomanto Ajak Alumni Memajukan Pemerintahan Melalui Produk Hukum
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak Alumni Fakultas Hukum Unhas untuk memajukan pemerintahan dengan menghasilkan produk h...
Pemerintahan20 April 2024 10:59
Walikota Makassar Jamu Makan Malam Konjen Filipina, Marry Jennifer: Saya Terkesan dengan Makassar
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu ...