Logo Lintasterkini

JFK Law Firm Berikan Bantuan Hukum dalam Kasus Penyerobotan Lahan di Bolaang Mongondow

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 06 September 2024 15:51

Irjen Pol (Purn) Drs. Frederik Kalalembang berkoordinasi dengan Tim JFK
Law Firm di Manado pada Rabu, 4/9/2024.
Irjen Pol (Purn) Drs. Frederik Kalalembang berkoordinasi dengan Tim JFK Law Firm di Manado pada Rabu, 4/9/2024.

BOLAANG MONGONDOW – JFK Law Firm, firma hukum yang dipimpin oleh Irjen Pol (Purn) Drs. Frederik Kalalembang, tengah menangani kasus penyerobotan lahan seluas 250 hektar di Kabupaten Bolaang Mongondow. Lahan tersebut telah lama menjadi objek sengketa, dan saat ini sebagian telah produktif dengan tanaman kelapa.

JFK Law Firm, yang diisi oleh pengacara-pengacara berpengalaman di bidang korporat dan litigasi, memberikan bantuan hukum kepada pemegang hak lahan tersebut. Mereka mengupayakan penyelesaian hukum bagi pihak yang sah untuk kembali mengelola lahan tersebut secara penuh.

Pada Rabu, 4 September 2024, Tim JFK Law Firm yang terdiri dari Nicolas Dammen, S.H., C.L.A. dan Milki Sidik, S.H., tiba di Manado untuk berkoordinasi dengan pihak Polda Sulawesi Utara melalui AKBP Paulus Palamba, S.E. Setelah itu, mereka bergerak ke Bolaang Mongondow untuk memetakan masalah di lapangan dan melakukan investigasi yuridis. Berkat tindakan cepat ini, Kapolres Bolaang Mongondow telah mengeluarkan perintah tugas untuk menyelidiki dugaan tindak pidana terkait penyerobotan lahan tersebut.

Menurut Frederik Kalalembang, kasus ini sudah berlangsung cukup lama dan beberapa kali lahan tersebut diambil alih oleh kelompok warga setempat. Pemegang hak lahan telah memenangkan semua gugatan perdata dan tata usaha negara terkait sengketa tersebut, yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde).

Harapan Pemegang Hak Lahan Kembali Bangkit

Meskipun pemegang hak lahan telah memenangkan kasus di pengadilan, tidak ada penyelesaian yang bersifat permanen terkait sengketa ini. Hal ini menyebabkan pemegang hak merasa pasrah. Namun, setelah berkonsultasi dengan JFK Law Firm di Jakarta, harapan untuk kembali menguasai lahan itu mulai tumbuh kembali.

“Harapan kita, dengan kembali menguasai lahan secara penuh, pemegang hak dapat melanjutkan rencana investasinya, seperti pembangunan pabrik minyak kelapa dan pelabuhan. Pada akhirnya, masyarakat sekitar juga akan mendapatkan dampak positif dari investasi ini,” ujar Frederik Kalalembang.

JFK LAW FIRM

Tim JFK Law Firm setelah beraudiensi dengan Pj. Bupati Bolaang Mongondow di Kotamobagu

Frederik Kalalembang, yang dikenal memiliki perhatian besar terhadap sektor pertanian dan peternakan, menegaskan pentingnya sinergi antara masyarakat lokal dan investor. Dia juga menggarisbawahi potensi ekonomi besar di Bolaang Mongondow, khususnya dalam produksi kopra kelapa yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

Sebagai Anggota DPR RI terpilih yang akan dilantik pada 1 Oktober mendatang, Frederik juga berkomitmen memberikan dukungan hukum bagi investor yang mengalami kendala di lapangan, dengan tetap memprioritaskan kepentingan masyarakat lokal sesuai dengan hukum yang berlaku. (*)

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...