Logo Lintasterkini

Agar Flu Tak Mudah Menyerang Anda di Tempat Kerja, Lakukan Hal Ini

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Selasa, 07 Januari 2020 12:00

Terkena Flu Saat Bekerja (TORWAISTUDIO/Shutterstock)
Terkena Flu Saat Bekerja (TORWAISTUDIO/Shutterstock)

Cuaca yang tak menentu beberapa terakhir ini membuat kita lebih rentan terkena penyakit, khususnya flu. Selain hidung meler, gejala lain turut yakni batuk, demam, dan sakit kepala.

Andai kita memiliki rekan kerja yang terkena flu, kita tentu akan khawatir akan tertular penyakit ini mengingat udara di dalam kantor cenderung tidak segar dan terus-menerus diputar oleh AC.

Flu yang disebabkan karena infeksi memang akan dengan mudah menular ke orang sekitar melalui udara. Cara agar tidak tertular adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga virus atau bakteri pun tidak akan berkembang biak di dalam tubuh.

Nah, buat anda yang ingin mencegah flu di tempat kerja dilansir dari dokter sehat berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah:

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat, menyebutkan jika flu ternyata bisa menular pada jarak yang cukup jauh, yakni sekitar 1,8 meter. Tak hanya dari bersin yang dilakukan oleh penderita flu, andai kita menyentuh benda yang sudah tersentuh mereka yang terkena flu dan tak segera mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, maka kita pun akan sangat mudah tertular. Dr. Kelly Arehart, pakar kesehatan dari The Healthy Workplace Project yang ada di Kimberley-Clark Professional, bahkan menyebutkan jika penggunaan keran wastafel hingga gagang pintu juga bisa memicu penularan flu di tempat kerja.

Untuk mencegahnya, hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja dengan rajin mencuci tangan. Kita sebaiknya melakukannya setelah keluar dari kamar mandi, memegang benda yang kerap tersentuh orang lain, atau saat sebelum makan. Pastikan kita menggunakan air, sabun, dan juga melakukan cuci tangan lebih dari 45 detik agar berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit bisa mati. Jika perlu, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk memastikan tangan kita bersih dan terbebas kuman sebelum makan.

Andai kita masih menggunakan peralatan makan dan minum dari kantor yang bisa saja digunakan oleh penderita flu sebelumnya, maka ada baiknya kita cuci terlebih dahulu peralatan makan dan minum layaknya cangkir dengan memakai air panas. Jika perlu, gunakan masker di kantor atau hindari berjabat tangan sementara andai memang cukup banyak orang yang terkena flu di tempat kerja. Kita juga harus tetap menjaga pola makan yang sehat, khususnya vitamin C yang akan menjamin kekuatan sistem kekebalan tubuh kita dan mencegah kita terkena flu.

Terakhir, saat sakit fokuslah untuk menyembuhkan diri terlebih dahulu. Mengerjakan sesuatu saat kondisi tubuh tak maksimal juga akan membuat hasilnya tidak sempurna. Jika sakit yang Anda derita ternyata serius, jangan tunda lagi. Segera hubungi dokter. Apalagi jika Anda sudah mengantongi kartu asuransi kesehatan. Pastikan Anda mendapatkan perawatan yang terbaik ya!

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....