Logo Lintasterkini

Saat Flu Sebaiknya Mandi Air Dingin atau Hangat?

Redaksi
Redaksi

Jumat, 21 Juni 2024 11:15

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ben-bryant)
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ben-bryant)

LintasTerkini.com – Flu adalah penyakit yang umum menyerang banyak orang, terutama saat musim pancaroba. Gejalanya yang meliputi demam, sakit kepala, hidung tersumbat, batuk, dan kelelahan, sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Salah satu cara untuk meredakan gejala flu adalah dengan mandi. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah: sebaiknya mandi air dingin atau hangat saat flu?

Manfaat Mandi Air Hangat

1. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi
Flu sering menyebabkan nyeri otot dan sendi. Mandi air hangat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit karena panasnya dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang tegang.

2. Melancarkan Pernafasan
Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Ini sangat bermanfaat bagi penderita flu yang mengalami hidung tersumbat atau batuk.

3. Relaksasi
Mandi air hangat juga memberikan efek relaksasi yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk proses penyembuhan.

4. Mengurangi Demam
Meskipun terdengar bertentangan, mandi air hangat sebenarnya bisa membantu menurunkan demam. Panas dari air hangat bisa membantu tubuh berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh menurunkan suhu.

Manfaat Mandi Air Dingin

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Air dingin dapat merangsang aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Ini bisa membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi, yang sering kali menurun saat flu.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan air dingin secara rutin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang berfungsi untuk melawan infeksi.

3. Mengurangi Peradangan
Air dingin bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh, yang mungkin muncul saat flu.

4. Meningkatkan Mood
Mandi air dingin dapat memicu pelepasan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Ini bisa membantu mengurangi perasaan tidak nyaman dan meningkatkan suasana hati.

Mana yang Lebih Baik?
Pilihan antara mandi air dingin atau hangat saat flu sangat tergantung pada kondisi tubuh dan gejala yang dialami. Jika merasa sangat lelah, nyeri otot, dan butuh relaksasi, mandi air hangat bisa menjadi pilihan terbaik. Di sisi lain, jika ingin meningkatkan energi dan merasa segar, mandi air dingin bisa memberikan manfaat.

Namun, ada beberapa pertimbangan penting:

Demam Tinggi: Jika Anda mengalami demam yang sangat tinggi, mandi air hangat bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Hindari air yang terlalu panas, karena bisa memperburuk dehidrasi.

Sirkulasi Darah: Jika Anda memiliki masalah dengan sirkulasi darah atau penyakit jantung, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba mandi air dingin.

Kenyamanan Pribadi: Pada akhirnya, kenyamanan pribadi sangat penting. Pilih suhu air yang membuat Anda merasa nyaman dan membantu meredakan gejala flu.

Kesimpulan
Baik mandi air dingin maupun hangat memiliki manfaat tersendiri bagi penderita flu. Air hangat dapat membantu meredakan nyeri otot, melancarkan pernapasan, dan memberikan efek relaksasi.

Sementara itu, air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan mood. Pilihlah jenis mandi yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda dan pastikan untuk tetap menjaga hidrasi dan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 Juli 2024 07:30
Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus...
News19 Juli 2024 07:30
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Tarik Rp798 Juta PKB
MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) turut dilibatkan dalam Operasi Patuh Pallawa yang dicanangkan Kapolda Sul...
Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 19:43
Kalla Toyota Hadirkan Agya Limited Series, Angsuran 3 Jutaan dan Gratis Branding Special Edition
MAKASSAR – All New Agya menjadi salah satu kendaraan di segmen LCGC (Low-Cost Green Car) yang memiliki banyak peminat. City car ini menawarkan h...
News18 Juli 2024 18:19
Hendak Memancing di Perairan Bira Bulukumba, Tim Sar Gabungan Temukan Nelayan Hanyut di Perairan Jeneponto
MAKASSAR – H Salling (50), nelayan yang dilaporkan belum kembali melaut di perairan Bira Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Sar Gabungan hanyut di...