Logo Lintasterkini

Ini Ciri-ciri Seseorang Terinfeksi Virus Corona !

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 20 Januari 2021 01:23

ilustrasi.
ilustrasi.

LINTASTERKINI.COM — Wabah virus corona mulai masuk ke Indonesia sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo tanggal 1 Maret 2020 lalu. Kasus ini tiap hari terus meningkat, dan begitu cepat penyebarannya.

Virus corona ini berukuran sangat kecil, tak bisa terlihat dengan kasat mata. Seseorang terinfeksi virus yang mematikan ini tanpa diketahui pasti dimana seseorang bisa terpapar virus.

Untuk memudahkan mendeteksi apakah seseorang terinfeksi virus corona, ada baiknya kita bisa mengetahui ciri-cirinya. Ciri-ciri orang terkena virus corona ini beragam.

Mulai dari demam, batuk berulang-ulang hingga mengalami gangguan pada indra penciuman dan perasa. Namun, tak semua ciri-ciri orang terkena virus corona itu bisa disadari secara langsung.

Banyak dari mereka yang sudah mengalami gejala atau ciri-ciri awal dan tidak menyadarinya. Cukup sulit untuk memastikannya jika tidak menjalani tes Corona.

Meskipun demikian, untuk kewaspadaan saja, ada baiknya kita mengetahuo ciri-ciri jika terinfeksi virus corona. Berikut ini ciri-ciri yang penting untuk diketahui:

1. Sakit kepala yang berulang-ulang

Meskipun bukan termasuk gejala atau ciri-ciri yang khas dari Covid-19, jika sakit kepala terus terjadi berulang-ulang perlu diwaspadai. Bisa jadi itu gejala awal, jadi segera lakukan tes Corona untuk memastikannya.

2. Sesak napas

Ciri-ciri orang yang terinfeksi Corona bisa mengalami sesak napas. Gejala ini bisa bertahan lama dan mungkin disebabkan karena adanya peradangan yang berlangsung cukup lama di paru-paru.

3. Nyeri dada

Nyeri dada juga bisa menjadi gejala atau ciri-ciri orang terkena virus corona. Hal ini dialami salah satu pasien Corona, Kerrie Noth yang sudah dirawat selama 36 hari.

Ia mengaku sering merasakan seperti terbakar dan muncul rasa kesemutan di area sekitar dada dan lehernya. Selain itu, jantungnya juga sering berdebar-debar hingga muncul rasa tidak nyaman yang cukup ekstrim di bagian dada dan tulang rusuk.

4. Batuk

Menurut para ahli, ciri-ciri orang terkena virus corona mengalami batuk kering, tidak ada dahak atau lendir.

Berdasarkan data Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), menunjukkan ada sebanyak 43 persen pasien Covid1-19 yang bisa mengalami batuk selama 14-21 hari setelah terinfeksi.

5. Flu parah

Ciri-ciri seseorang terinfeksi Corona lainnya adalah mengalami flu yang parah. Meskipun semikian, sangat sulit untuk membedakan antara flu dan Covid-19 tanpa melakukan tes.Corona.

6. Muntah dan diare

Mual, muntah, dan diare juga bisa jadi ciri-ciri orang terkena virus corona. Meski jarang, umumnya pasien yang mengalami ciri-ciri atau gejala ini juga disertai dengan gejala khas Covid-19 lainnya.

7. Kelelahan

Ciri-ciri orang terkena virus corona juga diketahui merasa kelelahan yang kronis, tentunya diikuti gejala lainnya.

8. Mudah lupa

Salah satu ciri-ciri orang yang terinfeksi virus Corona adalah bisa mudah lupa. Hal ini disebut-sebut berkaitan dengan jangka panjang pasien Corona pasca terpapar, bahkan bisa mengalami depresi, insomnia, parkinson, hingga kehilangan ingatan.
11
9. Sakit tenggorokan

Meskipun bukan gejala khas Covid-19, sakit tenggorokan juga dialami oleh orang-orang yang terinfeksi virus Corona.

10. Kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa (anosmia)

Ciri-ciri orang terkena virus corona yang saat ini sering terjadi adalah kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa (anosmia). (*)

 Komentar

 Terbaru

Asrul Susul Rekannya ke Sel Usai Keroyok Warga Hingga Tewas
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 20:16
Asrul Susul Rekannya ke Sel Usai Keroyok Warga Hingga Tewas
Asrul sempat buron selama empat bulan. Dia melarikan diri setelah menganiaya warga bersama rekannya hingga tewas, pada Desember 2020 lalu....
Fatmawati Ajak Partai Gelora Bersinergi Bangun Makassar
Politik07 Maret 2021 19:45
Fatmawati Ajak Partai Gelora Bersinergi Bangun Makassar
Fatmawati mengajak seluruh kader Partai Gelora menjadi starter point dalam membangun serta mengawal Kota Makassar menjadi lebih maju lagi....
Danny Pomanto Berbagi Pengalaman Politik di Rakorwil Partai Gelora
Politik07 Maret 2021 19:24
Danny Pomanto Berbagi Pengalaman Politik di Rakorwil Partai Gelora
Danny Pomanto berkesampatan menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Gelora Indonesia di Claro Hotel, Makassar, Minggu (07/03/2021)....
Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
News07 Maret 2021 18:27
Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
Hanya saja kata Muncu, untuk proses pemberkasan tetap dilakukan tatap muka. Sebab, pelamar harus memasukkan berkasnya....