Logo Lintasterkini

Dorong Diversifikasi Pangan, Ketua TP PKK Sulsel, Sukun Jadi Alternatif

Redaksi
Redaksi

Rabu, 07 Februari 2024 12:00

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

BONE – TP PKK Sulsel tengah gencar-gencarnya menyosialisasikan diversifikasi pangan. Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menyebut sukun bisa menjadi salah satu alternatif pengganti nasi.

“Kami di PKK sedang gencar-gencarnya menyosialisasikan diversifikasi pangan dan sukun tentu saja bisa menjadi salah satu alternatif,” kata Sofha Marwah saat berkunjung ke Bangsal Pascapanen dan Pengolahan Komoditas Hortikultura yang dikelola Kelompok Tani Mawar di Desa Jompie, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Selasa (6/7/2024).

Diketahui, sukun merupakan tanaman buah potensial di Indonesia yang tinggi karbohidrat dan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti nasi. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, hingga serat sangat baik untuk kesehatan.

Di tempat ini, sukun diolah menjadi tepung dan keripik. Sofha Marwah mengapresiasi kreativitas para anggota kelompok tani yang semuanya adalah perempuan. Dia berharap apa yang telah dilakukan bisa dikembangkan dalam bisnis lebih besar.

“Luar biasa sekali. Kalau dikembangkan tentu akan menambah lagi pendapatan ibu-ibu yang ada di sini. Apalagi, sukun ini sekarang sudah jadi oleh-oleh dan Pak Pj Gubernur (Bahtiar Baharuddin) juga sedang menggencarkan budi daya sukun ini,” ungkapnya.

Kepala Desa Jompie, Aulia, mengatakan tepung maupun keripik sukun masih diproduksi secara terbatas. Khusus keripik sukun belum masuk ke supermarket dan masih menyasar sekolah-sekolah. Namun, secara kemasan sudah standar supermarket.

“Masih terbatas, tapi sudah dijual ke sekolah-sekolah,” kata Aulia.

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Imran Jausy.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis21 Februari 2024 22:00
Indosat Ooredoo Hutchison-Lintasarta Jalin Kerjasama Strategis Terkait Implementasi Digitalisasi Faskes
LAMPUNG –  PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison, Indosat, atau IOH) melalui Authorized Channel Partner (ACP) Indosat Business yaitu PT Dis...
News21 Februari 2024 21:35
Pangdam XIV/Hasanuddin Sambut Kedatangan RI 1 di Lanud Sultan Hasanuddin
MAROS – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun selaku Panglima Komando Satgas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Pam VVIP menyambu...
Nasional21 Februari 2024 21:07
Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN
JAKARTA Presiden Joko Widodo melantik secara resmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Ba...
Kuliner21 Februari 2024 20:32
Nikmati Menu Serba Rp15 Ribu di Lokarasa Eats & Drink Pengayoman 
MAKASSAR — Lokarasa Eats & Drink menawarkan enam ragam menu spesial dengan harga Rp15 ribu. Program harga terjangkau ini berlaku hingga akhir F...