Logo Lintasterkini

Tiga Warga Sidrap Diduga Terjangkit Flu Burung

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 07 April 2016 10:43

Ilustrasi
Ilustrasi

SIDRAP – Virus Avian Influenza (H5N1) atau flu burung yang berkembang dan menyerang unggas di Kabupaten Sidenreng Rappang dalam beberapa pekan terakhir, selain mangakibatkan 26 ribu lebih unggas mati secara mendadak, juga mulai menyerang manusia.

Terbukti tiga warga di Kelurahan Kanyuara dan Desa Waladeceng, Kecamatan Wattang Sidenreng Sidrap diduga telah terinfeksi (Suspect) flu burung. Ketiganya merupakan anak peternak/pemilik unggas yang terserang flu burung yakni Ardian (11), Ryan (8) dan Akila (3).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidrap, Irwansyah yang dikonfirmasi, Rabu (6/4/2016), tidak menampik adanya tiga bocah di Sidrap yang diduga suspect flu burung. Ia menyatakasn, Dinkes Provinsi Sulsel bekerjasama Dinkes Sidrap melalui Tim Gerak Cepat (TGC), sudah melakukan penanganan kepada ketiga bocah tersebut.

“Petugas kami dari TGC telah mengambil spesimen ketiganya untuk diperiksa di laboratorium. Hasilnya baru diketahui sepekan sejak pengambilan spesimen, 2 April kemarin,” jelas Irwansyah.

Irwansyah menambahkan, karena permintaan orang tuanya, ketiga bocah ini hanya menjalani rawat jalan. Tindakan ini juga telah dilaporkan pihaknya kepada Kepala Dinkes Sulsel, Rahmat Latif dan atas petunjuk Dinkes Sulsel, Dinkes Sidrap diminta terus intens memperhatikan kondisi kesehatan ketiganya.

Terpisah, Kadis Peternakan (Disnak) Sulsel, Abdul Azis Zainuddin yang dikonfirmasi awak media via selulernya mengatakan, kasus flu burung di Sidrap sudah dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Sejauh ini, Pemprov Sulsel telah membentuk Komisi Daerah (Komda) Sonasi untuk mengantisipasi penyakit ternak unggas di Sidrap yang berpotensi menyerang manusia. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....