Logo Lintasterkini

Waspadai Lima Penyakit Ini di Usia 50 Tahun dan Pencegahannya

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 07 Juli 2020 16:00

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LINTASTERKINI.COM — Bertambahnya usia dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Usia yang menua merupakan salah satu faktor risiko penyakit yang tak bisa diabaikan.

Studi menunjukkan, sembilan dari 10 orang dewasa yang lebih tua memiliki penyakit kronis. Sebanyak delapan dari 10 orang bahkan memiliki lebih dari satu penyakit.

Adapun sejumlah penyakit yang patut diwaspadai saat memasuki usia 50 tahun seperti dirilis cnnindonesia.com, yakni:

1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang kerap menyerang orang yang sudah memasuki kepala lima. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah menjadi semakin tidak fleksibel dan menimbulkan tekanan lebih tinggi pada darah.

Sekitar dua dari tiga orang yang berusia di atas 60 tahun memiliki tekanan darah tinggi. Hipertensi INI dapat dicegah dengan menjaga berat badan seimbang, rutin berolahraga, tidak merokok, pola makan yang sehat, dan mengelola stres.

2. Diabetes

Risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 meningkat saat berusia 45 tahun. Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Diabetes dapat menimbulkan komplikasi berupa penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kebutaan.

Diabetes dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi gula, menjaga berat badan yang seimbang, dan mengelola stres.

[NEXT]

3. Penyakit jantung

Semakin bertambahnya usia, kian meningkat pula risiko seseorang terhadap terkena penyakit kardiovaskuler atau yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Data dari Web MD menunjukkan orang yang berusia 40-59 tahun memiliki risiko

penyakit jantung lima kali lipat lebih tinggi dibanding orang yang berusia 20-39 tahun. Penyakit jantung dapat dicegah dengan olahraga yang rutin, mengurangi kolesterol jahat, tidak merokok, dan mengelola stres.

4. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyakit radang sendi yang paling sering terjadi pada orang tua. Data mendapati 37 persen orang yang berusia 45 tahun ke atas mengalami Osteoarthritis. Selain osteoartritis, osteoporosis atau tulang yang rapuh juga patut diwaspadai.

Osteoartritis dan osteoporosis dapat dicegah dengan melakukan aktivitas fisik yang rutin, makanan kaya kalsium dan cukup vitamin D, serta menjaga berat badan yang seimbang.

5. Hilang penglihatan dan pendengaran

Orang tua juga memiliki masalah penglihatan atau pendengaran, atau keduanya. Suara yang keras, gen, dan penyakit dapat mempengaruhi kondisi ini.

Jaga kesehatan mata dan telinga dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, menghindari suara yang keras, serta menjaga jarak membaca dan melihat layar elektronik. (*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya Dirusak
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...