Logo Lintasterkini

Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 08 Januari 2013 07:20

Korban banjir di Kabupaten Gowa mulai terserang penyakit dan kini mendapat perawatan di posko bencana.
Korban banjir di Kabupaten Gowa mulai terserang penyakit dan kini mendapat perawatan di posko bencana.

Korban banjir di Kabupaten Gowa mulai terserang penyakit dan kini mendapat perawatan di posko bencana.

MAKASSAR — Korban banjir Sulawesi Selatan mulai terserang berbagai macam penyakit, terutama diare dan gatal-gatal. Saat ini, tim medis di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Takalar sibuk mengurusi para korban banjir yang terserang penyakit.

Di Kota Makassar, puluhan korban banjir yang menderita penyakit diungsikan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas. Sementara di kabupaten Gowa, tercatat 40 warga terserang penyakit dan mendapat perawatan tim medis di posko penanggulangan bencana.

Korban banjir di Kabupaten Gowa ditangani oleh tim medis yang terdiri dari dua orang dokter dan empat tenaga perawat. “Warga yang agak serius sakitnya dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan, sedangkan yang lainnya, alhamdulillah mereka sudah agak sembuh terbantu obat-obatan dan penanganan tim medis di posko,” kata Camat Somba Opu, Andi Kumala Andi Idjo.

Andi Kumala mengatakan, dari 274 kepala keluarga (sesuai jumlah rumah terendam), masih ada 100 KK yang bertahan tidak mau dipindah ke pengungsian dengan alasan kondisi rumahnya masih bisa dihuni. Warga khawatir bila rumahnya ditinggalkan akan menjadi sasaran penjarahan atau pencurian.

Sementara itu, di Kabupaten Takalar, korban banjir juga mulai terkena berbagai penyakit yang didominasi diare dan DBD. Korban yang tercatat di RSUD Padjonga Daeng Ngalle sudah puluhan pasien yang dirawat dari berbagai kalangan usia. Pasien terbanyak merupakan anak balita hingga anak usia 12 tahun.

“Lonjakan pasien ini mulai cuaca buruk dan puncaknya saat genangan air terjadi di mana-mana, tetapi kita masih bisa menanganinya. Buktinya, tidak ada pasien yang dirawat di lorong- lorong rumah sakit,” ujar Kepala IGD RSUD Padjonga Daeng Ngalle, dr Irmastuti. (kpc)

 Komentar

 Terbaru

News20 April 2024 09:30
Dispora Makassar Gelar Pemuda Fest 2024, Gelorakan Kreatifitas Hingga Beri Edukasi
MAKASSAR – Pemuda Fest 2024 resmi digelar di Makassar. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Ratusan orang nampak h...
Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...
Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...