Logo Lintasterkini

H-2 Lebaran, 49.187 Pemudik Telah Tiba dan Berangkat Melalui Pelabuhan Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 08 April 2024 06:39

Penumpang menunggu di ruang tunggu Pelabuhan Soekarno hatta Makassar. (Foto: lintasterkini)
Penumpang menunggu di ruang tunggu Pelabuhan Soekarno hatta Makassar. (Foto: lintasterkini)

MAKASSAR – Memasuki H-2 lebaran, sebanyak 49.187 pemudik telah tiba dan di berangkatkan ke berbagai tujuan melalui Pelabuhan Makassar. Terdapat total 48 kunjungan dan keberangkatan kapal milik PT Pelni dan kapal perintis serta kapal milik swasta di pelabuhan ini.

Jumlah penumpang ini diprediksi masih akan terus bertambah, seiring dengan masih berlangsungnya arus mudik lebaran yang tinggal menghitung hari.

Berdasarkan data yang dihimpun melalui posko mudik lebaran, jumlah harian pergerakan penumpan arus mudik dari dan menuju pelabuhan pelabuhan Soekarno Hatta Makassar terus mengalami peningkatan. Hingga di H-2 lebaran total jumlah penumpang mudik dari dan menuju pelabuhan Makassar, telah mencapai 49.187 jiwa. Masing-masing dengan rincian jumlah penumpang turun sebanyak 22.903 jiwa, sementara jumlah penumpang naik atau yang di berangaktkan sebanyak 26.284 jiwa.

Sepanjang arus mudik lebaran berlangsung, mereka diangkut menggunakan 48 dari total kunjungan dan  pemberangkatan dari kapal berbeda milik PT Pelni, dan dua kapal perintis, serta 10 kapal milik swasta.

“Selain itu untuk jumlah pemudik dengan tujuan terbanyak yakni tujuan pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dengan total pemudik yakni 12.578 jiwa. Sementara jumlah kedatangan penumpang terbanyak  berasal dari pelabuhan Bau-bau Sulawesi Tenggara, dengan jumlah pemudik yakni 7.638 jiwa,” ujar Perwira Jaga Posko Mudik Pelabuhan Makassar, Arif. Z.

Dikatakan, pergerakan pemudik di pelabuhan ini masih terus terjadi, seiring dengan masih adanya dua kedatangan dan keberangkatan kapal dari dan menuju Kalimantan.

Diketahui, ribuan pemudik melalui Pelabuhan Makassar tidak hanya berasal dari daerah tujuan di Porvinsi Indonesia Timur, seperti Bau-bau, Kendari, Ambon dan Papua saja, namun juga datang dari wilayah barat meliputi Jakarta dan Surabaya serta dari wilayah Kalimantan. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa16 Juni 2024 20:38
BREAKING NEWS – Malam Takbiran, Rumah Warga di Jalan Muhajirin Terbakar
MAKASSAR  – Kebakaran menimpa rumah warga di Jalan Muhajirin 1 lorong 1, Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (16/6/2024...
News16 Juni 2024 12:08
Polres Sidrap Intensifkan Penindakan Pengendara Mobil di Jalan Raya
SIDRAP, – Setelah melakukan penertiban terhadap pengendara sepeda motor, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sidrap kini mengalihkan fokus me...
News16 Juni 2024 03:49
Astra Motor Sulsel Intens Tumbuhkan Generasi #Cari_Aman Kepada Pelajar
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, intens...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...