Logo Lintasterkini

Gempa Mamuju, Polda Sulbar Gerak Cepat Bantu Korban dan Buat Dapur Umum

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Rabu, 08 Juni 2022 16:28

Korban luka langsung ditangani pihak media Polda Sulbar
Korban luka langsung ditangani pihak media Polda Sulbar

MAMUJU – Gempa 5,8 Magetudo di Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) tidak hanya menimbulkan kerusakan bangunan, namun ada juga sejumlah korban luka. Tercatat sedikitnya 10 orang mengalami luka-luka dalam peristiwa itu.

Informasi yang dihimpun, pihak Polda Sulbar langsung bergerak cepat turun tangan melakukan patroli untuk membantu korban serta memantau keamanan warga. Pasalnya tidak sedikit dari warga yang meninggalkan rumah mereka pasca gempa untuk mencari lokasi aman.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Drs Verdianto Iskandar Bitticaca, yang dikonfirmasi, Rabu (8/5/2022) siang mengatakan, pihak Polda Sulbar langsung melakukan patroli keamanan di pemukiman mencari korban. Tidak hanya itu, pihaknya juga langsung menyiapkan dua shelter untuk pengungsi yang meninggalkan rumah.

“Kami juga langsung menyiapkan dapur umum untuk warga yang mengungsi. Ada dua shelter yang dibangun sementara di Jalur 2 dan di Stadion,” ujarnya.

Kapolda Sulbar juga menjelaskan, akibat gempa tersebut, sejumlah personel kepolisian juga mengalami luka. “Catatan kami sementara ada tiga personel polisi yang luka. Ada yang patah dan ada juga luka robek,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ada pula calon siswa yang mengikuti tes masuk polisi yang luka akibat terkena bangunan rusak. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk calon siswa yang mengikuti tes ada tujuh korban luka ringan,” tambahnya.

Untuk yang luka langsung ditangani pihak medis. “Siswa yang luka itu kena pecahan kaca gedung. Saat ini kondisi mereka stabil,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 13.32 WITA. Sejumlah warga sempat panik akibat guncangan gempa.

Akibatnya, sejumlah warga berhamburan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Usai gempa, beberapa warga mulai meninggalkan rumahnya karena trauma dengan kejadian gempa di tahun 2021.

Informasinyang dihimpun, guncangan gempa juga dirasakan warga yang berada di Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. (*)

 Komentar

 Terbaru

News04 Februari 2023 13:08
HUT Ke-8, Bank Mandiri Taspen Serahkan CSR Rp100 Juta Tangani Stunting di Makassar
MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menghadiri rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-8 Bank Mandiri Taspen (Mantap) bertajuk Fes...
Gaya Hidup04 Februari 2023 11:27
Penelitian Terbaru, Orang Tinggi dan Kurus Cenderung Lebih Sukses
LintasTerkini.com – Penelitian terbaru menemukan bahwa tinggi badan dapat memengaruhi kesuksesan seseorang. Menurut sebuah studi yang dipublikas...
News04 Februari 2023 08:10
Peserta Lolos Seleksi Administrasi Lelang Jabatan Sekprov Sulsel, Ini Daftar Lengkapnya
MAKASSAR – Sepuluh orang memenuhi syarat lolos seleksi administrasi lelang jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Pengumum...
News03 Februari 2023 22:10
Kapolres Soppeng Hadiri Pemasangan Patok Batas Bidang Tanah Nasional oleh BPN Soppeng
SOPPENG – Kapolres Soppeng AKBP Dr. ( C ) H. Muh. Yusuf Usman S.H.,S.I.K.,M.T menghadiri Pemasangan Patok Batas Bidang Tanah oleh Kantor Pertan...