Logo Lintasterkini

Antisipasi Kehilangan Air, PDAM Makassar Beri Pelatihan NRW untuk Karyawan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 08 Juli 2021 12:45

Antisipasi Kehilangan Air, PDAM Makassar Beri Pelatihan NRW untuk Karyawan

MAKASSAR — Kehilangan air menjadi salah satu problematika yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia. Hal itu, sangat berdampak dan merugikan pelanggan.

Berbagai cara dan upaya telah dilakukan untuk menurunkan kehilangan air, juga menjadi alasan kuat mengapa harus dilakukan untuk menurunkan angka kehilangan air/non revenue water (NRW).

Dalam menanggulangi tingkat kehilangan air, Perumda Air Minum Kota Makassar menggelar pelatihan “Inhouse Training Pengendalian Non Revenue Water” selama 4 hari sejak Senin 5 Juli – 8 Juli 2021 di Aula Tirta Dharma.

Materi yang diberikan antara lain, mengenai pembentukan DMA, strategi pengendalian kehilangan air fisik, neraca air (water balance), manajemen tekanan, metode step test & deteksi pencarian kebocoran, strategi pengendalian kehilangan air non fisik, hingga sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Imran Rosadi selaku Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Makassar didampingi oleh Gagak Eko Bhaskoro salah satu Instruktur dari Akademi Tehnik Tirta Wiyata Magelang.

Direktur Teknik pun mengatakan kegiatan ini menjadi media sharing knowledge yang sangat berharga bagi pegawai.

“NRW dasar ini perlu dipahami segenap karyawan dan karyawati, seluruh bidang. Masalah NRW menjadi tanggungjawab bersama. Mari kita tingkatkan dari hal kecil, untuk mendapat manfaat yang besar bagi umat,” ujarnya, Senin (5/7/2021).

Dalam hal ini Djufri selalu Kabag Umum dan Kepegawaian sekaligus ketua panitia mengatakan pengembangan SDM harus sering dilakukan agar meningkatkan kualitas SDM yang ada di perusahaan.

“Semoga dengan berlangsungnya kegiatan ini berupaya menyelaraskan visi dan pemahaman mulai dari jajaran Direksi hingga seluruh bagian terkait. Jika masalah NRW kita atasi akan sangat berdampak sangat luar biasa pada perusahaan dan pelanggan,” jelasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...
News25 Juli 2021 13:04
Si Jago Merah Hanguskan Tempat Laundry di Makassar, 11 Damkar Diterjunkan
MAKASSAR– Si jago merah kembali mengamuk dan menghanguskan sebuah rumah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (25/7/2021) sekitar pukul...