Logo Lintasterkini

Bocah Gizi Buruk Pangkep Meninggal di Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 09 Januari 2013 07:10

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR – Bocah berusia lima bulan yang diduga akibat gizi buruk, Nurul Fitri akhirnya meninggal dunia di Makassar setelah tidak sempat mendapatkan perawatan intensif dari tim medis di kampung halamannya, Kabupaten Pangkep.

“Sejak menginjakkan kaki di Makassar, orang tua bersama bocah penderita gizi buruk itu sudah mendapatkan penanganan oleh tim posyandu karena terlapor di kelurahan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Nur Aisyah Tun Azikin di Makassar, Selasa (8/1/2013).

Ia mengatakan, keberadaan bocah itu diketahui melalui kader pos pelayanan masyarakat terpadu (posyandu) kelurahan, sehingga langsung diberikan tindakan pendampingan untuk menaikkan berat badannya.

Diungkapkannya, bocah bersama orang tuanya, Askari dan Sri Wahyuni itu menginjakkan kaki di Kota Makassar pada November 2012 dengan berat badan penderita hanya 3,4 kilogram (kg).

Selama beberapa hari dirawat di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) kelurahan, bocah itu kemudian dirujuk ke RSB Fatimah Makassar dan selama di rumah sakit, korban mempunyai kelainan dari balita lainnya.

Kelainan yang ditemukan pada anak itu yakni tidak adanya lagit-langit pada mulutnya sehingga anak itu kesulitan untuk menerima asupan makanan maupun minuman, meskipun pendampingan dengan memberikannya susu sudah dilaksanakan.

“Kader di posyandu sudah berusaha maksimal untuk meningkatkan berat badan serta menyelamatkan anak itu, tetapi karena kelainan itu yang membuatnya tidak bisa bertahan lebih lama,” katanya.

Ia menyatakan, meskipun anak dan orang tua korban merupakan warga Sanggerang, Kelurahan Baleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, tetap saja mendapatkan pelayanan yang sama dengan warga Makassar lainnya karena tujuan dari kesehatan hanya menyelamatkan orang.

Orang tua korban yang tinggal sementara di rumah neneknya di Jalan Suangga lorong 2/20 D, Kecamatan Tallo, Makassar sudah menguburkan anaknya pada siang harinya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...