Logo Lintasterkini

Cara Ampuh Lawan Covid-19: 3M, 3T, Vaksin

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 10 Januari 2021 15:43

ilustrasi.
ilustrasi.

LINTASTERKINI.COM — Rencananya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan akan mulai melaksanakan program vaksinasi tahap I secara serentak mulai tanggal 14 Januari 2021 mendatang. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini masih diperuntukkan bagi kelompok prioritas penerima vaksin sebanyak 18,7 juta tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Adapun sasaran vaksinasi tersebut yakni sebanyak 1,3 juta tenaga kesehatan serta penunjang pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan petugas tracing kasus COVID-19. Selain itu, kelompok prioritas lainnya sebanyak 17,4 juta petugas pelayan publik sebagai garda terdepan, seperti TNI, Polri, Satpol PP, petugas pelayan publik transportasi (petugas bandara, pelabuhan, kereta api, MRT).

Pada kelompok prioritas yang akan menerima vaksin tahap I ini, termasuk diantaranya juga tokoh masyarakat dan tokoh agama di seluruh Indonesia. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 14 hari.

Setelah vaksinasi nasional tahap I dituntaskan, selanjutnya akan menyasar seluruh rakyat Indonesia dalam rentang usia 18-58 tahun. Vaksinasi yang diberikan tersebut untuk mendapatkan kekebalan imunitas tubuh dari paparan virus corona (Covid-19) yang mewabah secara global, termasuk di Indonesia.

Vaksin untuk COVID-19 sudah didistribusikan dan tiba di seluruh provinsi di Indonesia. Saat ini tinggal menunggu hasil evaluasi dari Badan POM dan Izin Pengunaan Darurat sebelum program vaksinasi dijalankan.

Jadi, siapkan diri anda untuk vaksinasi saat vaksin siap. Walaupun demikian, meskipun dilakukan vaksinasi secara menyeluruh, masyarakat tetap diimbau untuk disiplin menerapkan perilaku hidup protokol kesehatan 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan enghindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun).

Mematuhi protokol kesehatan dan terus disiplin menerapkan 3M tetap penting untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan utama dari paparan virus corona. Selain mematuhi 3M, masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah untuk mejalankan 3T (Testing, Tracing, Treatment).

Jika semua upaya dilakukan maka pandemi Covid-19 ini dapat kita lawan bersama-sama. Sehingga salah satunya cara ampuh untuk melawan Covid-19 ini dengan menerapkan yakni: 3M + 3T + Vaksinasi, karena ketiganya adalah sepaket menjadi cara ampuh untuk lawan COVID-19! (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Panglima TNI Pimpin Sertijab Pangkohanudnas
News04 Maret 2021 03:49
Panglima TNI Pimpin Sertijab Pangkohanudnas
JAKARTA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Pertahanan Udara Na...
Pengungsi di Lokasi Bencana Dibagikan Masker Berkualitas  
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:43
Pengungsi di Lokasi Bencana Dibagikan Masker Berkualitas
“Kami telah mengirimkan ratusan paket bahan pangan dan masker ke beberapa titik terparah bencana gempa di Majene dan Mamuju. Masker medis yang diber...
Update 3 Maret, Positif COVID-19 Bertambah Mencapai 1.353.834 Kasus
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:35
Update 3 Maret, Positif COVID-19 Bertambah Mencapai 1.353.834 Kasus
JAKARTA – Perkembangan pasien COVID-19 per Rabu (3/3/2021), pasien terkonfirmasi positif hari ini masih bertambah sebanyak 6.808 kasus. Dan juml...
Peningkatan Zona Kuning Menjadi Motivasi Daerah Masuk Zona Hijau
Bersama Melawan Covid-1904 Maret 2021 03:32
Peningkatan Zona Kuning Menjadi Motivasi Daerah Masuk Zona Hijau
"Yang perlu diperhatikan ialah jumlah kabupaten/kota di zona oranye perlu segera ditekan, agar dapat berpindah ke zona kuning, mengingat sebagian besa...