Logo Lintasterkini

Ustadz Das’ad Latif : Jangan Permalukan Islam Ketika Mengantar Jenazah

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Senin, 10 Januari 2022 20:14

Ustadz Das'ad Latif menerima kunjungan Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal di kantornya di Jalan Kakatua, Makassar
Ustadz Das'ad Latif menerima kunjungan Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal di kantornya di Jalan Kakatua, Makassar

MAKASSAR – Fenomena pengantaran jenazah yang kerap dilakukan dengan ugal-ugalan dan juga masuk ke dalam jalan tol, mengundang reaksi pendakwah kondang Ustadz Das’ad Latif. Ustadz Das’ad Latif yang juga dosen serta peneliti di Universitas Hasanudin (Unhas) ini meminta pengantar jenazah tidak menghalalkan segala cara saat berada di jalanan.

“Manusia punya aturan dan agama hadir untuk mengatur kita. Oleh karena itu, kita harus punya aturan saat mengantar jenazah di jalan raya. Saya mengimbau agar masyarakat jangan mempermalukan Islam ketika mengantar jenazah,” ujar Ustadz Das’ad Latief, di kantornya Jalan Kakatua, Makassar, Senin (10/1/2022) sore.

Diungkapkan, ketika pengantar jenazah yang baik melintas dirinya berusaha meminggirkan kendaraan dan mendoakan dengan membaca Alfatihah dan mengirimkan doa juga buat jenazah. Tapi, kata dia, bagaimana mau mendoakan jenazah yang melintas apabila pengantarnya tidak baik alias ugal-ugalan.

“Maka perlu kita mengantar jenazah dengan adab dan jangan membuat repot aparat kepolisian lalulintas yang bertugas untuk mengatur lalulintas agar lancar,” tambahnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal usai bertemu dengan Ustadz Das’ad Latif menjelaskan, pihaknya tidak akan melarang pengentar jenazah masuk ke dalam tol tapi khusus untuk roda empat. “Untuk roda dua tidak boleh karena memang peruntukannya bukan untuk roda dua. Sebab, roda dua kecepatannya setengah dan sangat berbahaya untuk roda dua ketika berada di jalan tol,” ungkapnya.

Sehingga, sambungnya, bagi masyarakat yang ingin pengawalan pengataran jenazah silahkan untuk menghubungi aparat kepolisian lalulintas. “Aparat kepolisian dari Polda Sulsel siap membantu pengawalan pengantaran jenazah untuk masyarakat,” terangnya lagi. (*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1928 Januari 2022 12:10
Stock Booster di Makassar Capai 14.830 dosis
MAKASSAR – Stock vaksin booster di Kota Makassar saat ini mencapai 14.830 dosis. Masyarakat dapat memperolehnya di 83 titik layanan vaksinasi Co...
News27 Januari 2022 19:39
PD Parkir Makassar Jalin Kerjasama PDAM Kelola Perparkiran
MAKASSAR – PD Parkir Makassar Raya menjalin kerjasama dengan Perusda PDAM Makassar untuk mengelola perparkiran pada kawasan unit kerja mereka. P...
News27 Januari 2022 09:29
Demo depan Eks Pabrik Patun Makateks, Mahasiswa Saling Dorong dengan Warga
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemerhati Rakyat Sulsel, terlibat saling dorong dengan warga di pintu masuk halaman eks pabri...
Hukum & Kriminal27 Januari 2022 09:18
Cari Pembuat Surat Kematian Palsu, Allung Padang Buat Seyembara Hadiah Ratusan Juta
Tidak hanya mendesak penyidik Polres Palopo mengungkap pembuat surat palsu itu, ia juga membuat sayembara kepada masyarakat yang dapat mengungkap dan ...