Logo Lintasterkini

Terjunkan 10 Ribu Satgas Detektor Covid-19, Danny Pomanto: Kita Ingin Tahu Skala Pandemi di Makassar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 10 Juli 2021 15:24

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Tim Detektor Covid-19 di kediaman pribadinya, Sabtu (10/7/2021).
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Tim Detektor Covid-19 di kediaman pribadinya, Sabtu (10/7/2021).

MAKASSAR — Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi hari ini resmi menerjunkan 10 ribu anggota Satgas Detektor untuk melakukan skrining pada warganya, Sabtu (10/7/2021).

Para satgas detektor ini diwajibkan menggunakan APD lengkap dan menerapkan protokol kesehatan di lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 153 kelurahan/15 kecamatan se-Kota Makassar, yang juga turut didukung 5 ribu relawan tenaga kesehatan, 306 relawan dokter, manajemen kelurahan-kecamatan, serta tim gabungan Satpol PP, TNI, dan Polri.

“Kita lakukan pendeteksian apa adanya yang terjadi di setiap RT, kita ingin dapatkan data yang jujur, supaya kita tahu skala sebesar apa peperangan yang kita hadapi,” ujar Danny dalam keterangannya.

Setelah tim detektor melakukan pengumpulan data primer di lapangan, laporan dalam berbentuk digital diunggah ke Command Center, yang nantinya ditabulasi untuk menghasilkan penilaian dan status kesehatan warga Kota Makassar secara utuh dan real time.

“Data-datanya realistis real time, tidak boleh ada yang dilewatkan dan hasilnya tidak bisa dibohongi,” tambah Danny.

Diketahui, apabila hasil pemeriksaan tim detektor, yang terdiri dari pemeriksaan saturasi oksigen, pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, dan skrining potensi terpapar Covid melalui saluran pernapasan menggunakan alat GeNose, mengindikasikan status reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab antigen dan swab PCR, bila terindikasi kuat positif terpapar Covid-19.

Danny berharap para detektor yang berjuang di garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjadi ‘role model’ bagi warga di masa pandemi Covid-19.

“Para detektor jangan jadi transmisi, jadilah pemutus, caranya taat protokol 5 M, jangan berkerumun, taat APD, disiplin pakai masker, cuci tangan, harus jaga jarak walaupun sedang mendata di lapangan,” pungkas Danny.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...