Logo Lintasterkini

Kuttab Imam Malik Menggelar Tasmi, Tingkatkan Hafalan Alquran Untuk Santri

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 10 Oktober 2022 15:55

Kuttab Imam Malik (KIM) menggelar Tasmi Alquran bagi para santri
Kuttab Imam Malik (KIM) menggelar Tasmi Alquran bagi para santri

MAKASSAR – Kuttab Imam Malik (KIM) menggelar Tasmi Alquran bagi para santrinya. Tasmi atau penyetoran hafalan Alquran di hadapan penguji ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menjaga hafalan para santri, mulai yang duduk di bangku kelas 1 sampai kelas 6.

Kuttab Imam Malik sendiri merupakan lembaga pendidikan setingkat Sekolah Dasar (SD) dengan menargetkan setiap santrinya mampu menghafal 7 juz Alquran dengan mutqin (baik) dan bacaan yang sesuai kaidah tajwid.

Koordinator Alquran Kuttab Imam Malik Ustad Yasin menjelaskan, ada beberapa tingkatan tasmi’ yang diikuti santri. Hal itu disesuaikan dengan jumlah hafalan masing-masing anak yang biasanya akan mengikut pada tingkatan kelas. Mulai dari tasmi satu juz, 3 juz, 5 juz, maupun 7 juz.

“Kalau tazmi 7 juz itu banyak diikuti kelas 6 meskipun tidak menutup kemungkinan ada yang kelas dibawahnya. Karena ada juga santri kami kelas 5 sudah 10 juz,” ungkap Ustad Yasin, Senin(10/10/2022)

Sementara untuk tasmi’ 5 juz, kebanyakan diikuti oleh santri kelas 5. Sebab target hafalan dikelas 5, memang 5 juz Alquran ditambah surah pilihan yakni Surah Al Kahfi.

Ustad Yasin optimistis, dengan kegiatan tasmi seperti ini, akan mampu meningkatkan kualitas hafalan dan bacaan Alquran santri KIM.

“Kalau ada kesalahan, kan ada koreksi dari pihak penguji. Baik tajwid, makhrajatul (pengucapan) huruf, maupun harokat (panjang pendek) bacaan,”ucapnya.

Sementara itu, orang tua santri, Nina Amir mengapresiasi kegiatan tasmi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah. Menurutnya, dengan kegiatan itu, menjadi salah satu jalan untuk menjaga hafalan anak didik.

Saat ini putranya, Muhammad Al-Fatih tengah duduk di kelas 5, dan telah menyelesaikan hafalan sebanyak 6 juz. Dan sampai saat ini’ Al-Fatih sudah mengikuti tasmi 1 juz, 3 juz, dan tasmi 5 juz.

Untuk bisa mempertahankan hafalan Alquran lanjut Nina’ biasanya Al-Fatih melakukan murojaah atau mengulang kembali hafalan
yang sudah dihafalkan.

“Kalau Al-Fatih murojaahnya 1 juz 1 hari sambil menambah hafalan 1 atau 2 maqro (3 sampai 4 ayat) setiap hari. Kalau ini sudah terbiasa dilakukan, Insya Allah hafalan akan terjaga,”pungkasnya. (*)

Penulis : Yan

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...