Logo Lintasterkini

Awal Bentrok Massa dan Polisi di Makassar, Ini Penjelasan Kapolda Sulsel

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Senin, 11 April 2022 22:09

Salah seorang yang diduga provokator diamankan aparat kepolisian pada demo di Makassar
Salah seorang yang diduga provokator diamankan aparat kepolisian pada demo di Makassar

MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana menjelaskan kronologis bentrokan pada aksi demo di Kota Makassar, Senin (11/4/2022) petang. Orang nomor satu di Polda Sulsel ini mengaku ada kelompok tertentu yang sengaja memprovokasi dengan melempar ke gedung DPRD Sulsel.

“Jadi awalnya, demo mahasiswa yang isunya meminta tidak ada penundaan Pemilu dan soal tiga periode berlangsung aman. Termasuk saat mahasiswa berada di DPRD Sulsel, kami juga fasilitasi dan mengawal aksi dengan baik dan persuasif,” ujarnya.

Hanya saja, saat di kantor DPRD Sulsel, tiba-tiba ada beberapa kelompok melakukan aksi dan melakukan pelemparan ke kantor DPRD Sulsel. Kelompok itu, sambung Kapolda Sulsel, diduga bukan dari mahasiswa.

“Saya melihat kelompok itu bukan dari mahasiswa. Mereka langsung melempar ke kantor DPRD Sulsel, namun kami tetap bersabar dan tidak terpancing. Namun karena tetap melakukan pelemparan, terpaksa kami melakukan pendorongan,” ungkapnya lagi.

Namun, kata Irjen Nana Sudjana, kelompok ini tetap melakukan pelemparan hingga personel kepolisian melakukan tembakan peringatan dan gas air mata dengan maksud untuk membubarkan kelompok tertentu yang memang sengaja akan melakukan provokasi.

“Hingga kini, kondisi sudah kondusif dan arus lalulintas juga sudah berjalan dengan lancar. Kami juga berterima kasih dengan mahasiswa yang telah melakukan aksi dengan tertib,” katanya.

Untuk yang diamankan, sambungnya, pihak kepolisian sudah mengamankan sedikitnya 10 orang yang diduga melakukan pelemparan dan provokasi. (*)

 Komentar

 Terbaru

News16 Mei 2022 07:49
40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, Masyarakat Mengenang Berbagai Keteladanan Beliau
Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 07:08
Soal Lebam di Jenazah Bandar Sabu 2 Gram, Polisi Belum Bisa Jelaskan Penyebabnya
Hanya saja saat ditanya terkait lebam di tubuh Arfandi, Kasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Doli Martua yang ditemui wartawan saat release kasus...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 03:49
Remaja Tewas Usai Ditangkap Polrestabes Makassar, Polisi Sebut Bandar, Barang Bukti 2 Gram
Dari video jenazah yang diperoleh wartawan di RS Bhayangkara, terdapat luka lebam di sejumlah tubuhnya. Antara lain, wajah, dan lengannya....
Hukum & Kriminal15 Mei 2022 13:42
Tiga Pelaku Tawuran Ditangkap, Mereka Ketakutan dan Sembunyi di Kolong Ranjang
Aparat kepolisian mengamankan tiga orang pelaku tawuran di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka diringkus usai menerobos masuk ke rumah warga d...