Logo Lintasterkini

Rt Makassar Naik, Tembus di Angka 1,45

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 11 Juni 2021 19:22

Rt Makassar Naik, Tembus di Angka 1,45

MAKASSAR — Angka Reproduksi Efektif (Rt) penularan Covid-19 di Kota Makassar mulai menunjukkan kenaikan. Tembus di angka 1,45.

Rt tersebut tercatat pada (10/6/2021). Kenaikan ini sudah mulai terjadi selama sepekan terakhir. Dari sebelumnya berada di Rt 0,80 pada (4/6/2021).

Setelah itu, Rt Makassar kembali mengalami kenaikan menjadi 1,1 pada (7/6/2021). Kemudian naik terus sampai di angka 1,45.

Pakar Epidemiolgi Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Ridwan Aminuddin mengatakan kenaikan Rt ini menjadi catatan buruk dalam beberapa waktu terakhir.

Kata dia, hal ini semestinya menjadi peringatan dini bagi Pemkot Makassar untuk lebih memperketat Kota Makassar. Pasalnya standar saat ini dinilai masih lemah.

“Secara umum, peningkatan kasus yang ada sekarang adalah alarm keras buat Pemkot untuk segera meningkatkan daya tempurnya. Bukan hanya wacana Makasar Recovery, tapi segera kawal Makassar untuk memenuhi indikator standar yang direkomendasikan,” ucapnya.

Indikator yang dimaksud adalah angka testing, tracing, dan disiplin masyarakat yang saat ini masih lemah.

“Standar sekarang sangat buruk, Rt Makassar 1,45 itu sangat buruk,” lanjutnya.

Dia juga meminta pemerintah serius menangani dugaan varian baru yang mulai menghantui sejumlah daerah, sebelum kasus terlanjur menyebar.

Semisal kasus Apartemen Sudirman yang dalam sepekan berlipat hingga 100 kasus. Hal ini menurutnya berbahaya jika kasus yang menyebar adalah varian baru.

Terpisah Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku upaya penjejakan telah dilakukan lewat Covid Hunter. Kasus yang saat ini terjadi menurutnya masih dalam penanganan.

“Jadi bayangkan kalau tidak ada Covid Hunter ta, saya kan suruh hunt termasuk tempat makannya apa semua, kejar itu semua,” tutur Danny.

Danny juga mengaku telah mengatensi lolosnya sejumlah pekerja luar daerah yang masuk ke Makassar.

“Saya sudah komplain, saya punya kursus itu kan dengan Mendagri, saya komplain itu, bagaimana orang bisa lolos 237 orang, setengahnya positif lewat bandara,” ujarnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News24 Juni 2021 17:05
Coba Kabur usai Ditangkap, Curanmor di Jeneponto Ditembak Polisi
JENEPONTO– Jajaran Resmob Polres Jeneponto menangkap seorang terduga pelaku pencurian motor (curanmor) bernama, Matto. Pria 28 tahun itu merupak...
News24 Juni 2021 16:06
Wali Kota Makassar Wacanakan Double Screening di Bandara dan Pelabuhan
MAKASSAR — Double screening alias pengecekan ganda akan diterapkan di pintu masuk Kota Makassar. Khususnya arus masuk dari bandara dan pelabuhan. Wa...
News24 Juni 2021 15:28
Ahli Epidemiologi Sarankan Sulsel Pertimbangkan Opsi PSBB
MAKASSAR — Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Aminuddin meminta pemerintah mempertimbangkan opsi Pemabatasan Sosial Bersk...
Selebriti24 Juni 2021 14:08
Disuruh Nikahi BCL, Jerinx SID: Maaf, Jijik Saya!
Perseteruan Bunga Citra Lestari dan Jerinx SID masih terus berlanjut. Kali ini, konflik tersebut menyeret sederet artis. Seperti dengan Aldi Taher yan...