Logo Lintasterkini

Inovasi Casting Drakor Upaya Intervensi Penurunan Stunting di Biringbulu

Fakra
Fakra

Kamis, 11 Juli 2024 16:37

pemerintah desa/kelurahan Kecamatan Biringbulu dalam hal ini TP PKK bersama Puskesmas Biringbulu berkolaborasi menciptakan sebuah inovasi, yakni Cegah Stunting Dengan Daun Kelor (Casting Drakor).(Foto:pemkabgowa)
pemerintah desa/kelurahan Kecamatan Biringbulu dalam hal ini TP PKK bersama Puskesmas Biringbulu berkolaborasi menciptakan sebuah inovasi, yakni Cegah Stunting Dengan Daun Kelor (Casting Drakor).(Foto:pemkabgowa)

GOWA – Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat pada pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting di Desa tahun 2024, Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan diharapkan dapat mengoptimalkan perannya sehingga pelaksanaan intervensi serentak dalam pencegahan dapat terlaksana dengan baik.

Menindaklanjuti hal tersebut, maka pemerintah desa/kelurahan Kecamatan Biringbulu dalam hal ini TP PKK bersama Puskesmas Biringbulu berkolaborasi menciptakan sebuah inovasi, yakni Cegah Stunting Dengan Daun Kelor (Casting Drakor).

Ketua TP PKK Kecamatan Biringbulu,
Nuryana Natsir mengatakan, inovasi “Casting Drakor” ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan anak serta memperkenalkan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang murah dan mudah diperoleh bagi masyarakat.

“Melalui program inovasi stunting dengan daun kelor, diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, serta dapat memanfaatkan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang murah dan mudah diperoleh, ” Kata Nuryana saat menjamu kunjungan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP PKK Kabupaten, Rabu (10/7).

Lebih jauh, Nuryana menjelaskan, Inovasi cegah stunting dengan daun kelor ini dibentuk juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Jadi selain mengedukasi kami mengajarkan masyarakat cara memanfaatkan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang sehat dan bergizi,” terangnya.

Diketahui, semenjak adanya inovasi ini jumlah stunting pada bayi dan anak-anak di wilayah Kecamatan Biringbulu turun sebanyak 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah program inovasi cegah stunting dengan daun kelor di kecamatan Biringbulu dianggap berhasil dalam mencegah stunting sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, namun tetap diperlukan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan program ini,” katanya.

Tak hanya itu, dengan adanya edukasi dan inovasi tersebut terjadi peningkatan pengetahuan ibu hamil dan masyarakat tentang daun kelor sebagai sumber nutrisi yang murah dan bergizi.

“Terdapat peningkatan dalam penggunaan daun kelor sebagai bahan makanan sehari-hari di wilayah kami, seperti dalam pembuatan puding kelor dan MP-ASI berbahan dasar daun Kelor,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dalam kunjungan Supervisi tersebut mengatakan, Tim SMEP TP PKK Kabupaten Gowa turun untuk membina TP PKK beserta kader yang ada di kecamatan dan mengingatkan untuk selalu bertanya jika ada hal-hal yang kurang dimengerti atau dipahami.

“Melalui kegiatan ini, kita akan menilai sejauh mana pencapaian target dan sasaran yang ditetapkan, mengidentifikasi kendala dan tantangan yang dihadapi serta mencari solusi yang tepat untuk perbaikan di masa yang akan datang” tutur istri Wakil Bupati Gowa ini.

Tim SMEP TP PKK mengapresiasi kepada seluruh jajaran TP PKK, baik di tingkat kecamatan, desa/kelurahan maupun para kader yang telah bekerja keras demi peningkatan kinerja. Apresiasi juga dihaturkan kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah yang telah mendukung program-program PKK selama ini.(***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...