Logo Lintasterkini

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta Dimutasi, Penggantinya Irjen Pol Teddy Minahasa

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 11 Oktober 2022 14:28

Irjen Pol Nico Afinta
Irjen Pol Nico Afinta

SURABAYA – Irjen Pol Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur, dicopot. Penggantinya Irjen Teddy Minahasa.

Sebelumnya desakan mundur terhadap Irjen Nico Afinta menguat setelah adanya tragedi Kanjuruan di Malang. Kini, Nico Afinta kini menjabat posisi Sahlisosbud Kapolri.

Pencopotan Irjen Pol Nico Afinta tertuang dalam telegram rahasia (TR) Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1386/X/2022 tanggal 10-10-2022 tetntang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol nDedi Prasetyo mengatakan, mutasi di tubuh Polri adalah hal yang biasa. Nico mengisi staf ahli dianggap merupakan hal balik kandang.

Disinggung pencopotan Irjen Nico Afinta, buntut dari tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 seusai laga Arema FC vs Persebaya, Dedi menyebut mutasi merupakan hal yang biasa.

“Mutasi adalah penyegaran setiap anggota dan mutasi itu sudah biasa di tubuh Polri,” ungkap Dedi

Sebelumnya, desakan pencopotan Kapolda Jatim bermunculan pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari seratus orang.

Mengingat dalam tragedi tersebut, 131 suporter meninggal diduga dipicu oleh gas air mata yang ditembakkan oleh aparat keamanan yang menjaga laga Arema FC vs Persebaya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis23 Februari 2024 22:25
Operator Telekomunikasi Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway Initiative
JAKARTA – Sebagai bagian dari penerapan inisiatif global GSMA Open Gateway, empat operator telekomunikasi di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat...
Hukum & Kriminal23 Februari 2024 22:24
Edarkan Narkoba, Warga Buttusawe Pinrang Diciduk Polisi
PINRANG — Seorang warga Desa Buttusawe Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang berinisial MK (40) yang diduga pengedar narkotika tak berkutik saat...
Teknologi & Sains23 Februari 2024 20:26
Realme Note 50 Resmi Meluncur di Indonesia Harga Rp1 jutaan, Ini Spesifikasinya
JAKARTA – Realme Note 50 akhirnya resmi di Indonesia, setelah debut di Filipina pada Rabu (24/1/2024). Smartphone ini menjadi model pertama Real...
Pemerintahan23 Februari 2024 18:48
Gowa Masuk Penilaian PPD Tahap II Berkat Inovasi Proksi Rumah Produktif
GOWA – Sebagai upaya pemulihan perekonomian, Kabupaten Gowa menggagas iovasi produktivitas simultan rumah produktif yang hadir untuk mencetak us...