Logo Lintasterkini

90 Pebalap Sepeda, 18 Negara Ramaikan Tour de Makassar

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 11 November 2016 16:08

Peserta Tour de Makassar 2016 star di Pantai Losari Makassar.
Peserta Tour de Makassar 2016 star di Pantai Losari Makassar.

MAKASSAR – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, dan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari melepas 90 pebalap sepeda profesional. Para peserta ini berasal dari 18 negara yang mengikuti event Tour de Makassar.

Pebalap sepeda tersebut berlomba pada etape pertama dengan rute Makassar-Bone. Mereka dilepas di Anjungan Bugis-Makassar, Jalan Penghibur, Jumat, (11/11/2016).

Pebalap Tour de Makassar akan menempuh jarak tempuh sejauh 505 km yang dibagi tiga etape. Untuk etape pertama dimulai di Anjungan Pantai Losari Makassar, selanjutnya menuju kabupaten Maros (Batang Ase-Taman Nasional Banting Murung-Perbatasan Maros-Bone-Lapangan Pasar Parigi-Simpang Taccipi dan finish di Lapangan Merdeka Kabupaten Bone.

Keesokan harinya, memasuki etape kedua dari Lapangan Merdeka-RS M. Yasin-Pasar Ajengale-Gerbang Kabupaten Wajo (Sengkang)-Gerbang Kabupaten Sidrap-masjid Agung Parepare dan finish di Lapangan Andi Makkasau Parepare.

Sedang etape ketiga dimulai dari Lapangan Andi Makkasau Parepare kembali melintasi Kantor Bupati Barru-Perbatasan Pangkep-Maros dan finish kembali lagi di Pantai Losari Makassar.

Peserta Tour de Makassar melalui delapan kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yakni Makassar, Maros, Bone, Wajo, Sidrap, Parepare, Barru dan Pangkep. Adapun jumlah tim yang mengikuti Tour de Makassar sebanyak 18 tim.

Setiap tim beranggotakan lima pebalap profesional yang berasal dari 18 negara peserta diantaranya Perancis, Kanada, Belanda, Jerman, Malaysia, Spanyol, Filipina, Vietnam, Thailand, Srilanka, Arab Saudi, Jepang, Korea, Australia, dan tuan rumah Indonesia.

Walikota Danny Pomanto menyampaikan apresiasinya terhadap peserta dan penyelenggara Tour de Makassar. Menurutnya, event ini menambah sukses Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan event berskala internasional.

Hal ini membuktikan posisi Makassar kian diperhitungkan dan semakin populer sebagai ‘surga’ bagi penyelenggaraan event, baik level nasional maupun internasional.

“Kebanggaan bagi Makassar kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan event olah raga prestasi yang diikuti belasan negara. Ini menambah kepercayaan diri kita sebagai warga kota yang tengah berbenah menuju kota dunia,” ungkap Danny Pomanto.

Ia juga mengajak pebalap Tour de Makassar untuk menikmati keramahan Kota Anging Mammiri dengan sajian kulinernya yang mendunia. Alasannya, karena hanya di Makassar orang-orang dapat merasakan setiap hari sebagai waktu terbaiknya sesuai tagline kota Makassar ‘Every Day Your Best Time’. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...