Logo Lintasterkini

Ziarah Kubur di Hari Raya: Jakarta Melarang, Makassar Terbuka Lebar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 12 Mei 2021 12:58

Suasana TPU Islam Paropo, Minggu (11/4/2021). Setiap menjelang Ramadan aktivitas ziarah kubur memang selalu ramai.
Suasana TPU Islam Paropo, Minggu (11/4/2021). Setiap menjelang Ramadan aktivitas ziarah kubur memang selalu ramai.

MAKASSAR — Berbeda dengan Jakarta, ziarah kubur di Makassar tak dilarang. Masyarakat bebas berziarah asalkan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Di tengah larangan mudik untuk menghindari penularan Covid-19, Pemprov DKI Jakarta juga memutuskan untuk melarang masyarakat melakukan kunjungan ke pemakaman.

Namun, kebijakan itu tak lantas diikuti di Makassar. Pemerintah tidak memberi intruksi khusus terkait aktivitas ziarah kubur pada Hari Raya Idulfitri tahun ini.

“Kalau di Makassar belum ada info. Artinya tetap bisa melakukan ziarah kubur,” kata Kepala UPTD Pemakaman Kota Makassar, Andi St Khadijah Amiruddin, Rabu (12/5/2021).

Pada momentum ini, Ija—sapaan Andi St Khadijah Amiruddin— juga mengaku tidak ada persiapan khusus. Hanya melakukan pembersihan rutin di lingkungan pemakaman.

“Kalau kunjungan sepertinya lebih sedikit dibanding sebelum masuk Ramadan kemarin. Karena sebagian masyarakat takut berkerumun,” ucapnya.

Meski tak ada instruksi khusus, pihaknya tetap akan memantu aktivitas ziarah kubur masyarakat. Terutama memastikan penerapan protokol kesehatan dilakukan.(*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...