Logo Lintasterkini

Forkopimda Bina Pelaku Kriminalitas Jalanan Lewat Batalyon 120, Makassar Dipastikan Aman

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 12 September 2022 11:41

Kombes Pol Budi Haryanto S. Ik, MH
Kombes Pol Budi Haryanto S. Ik, MH

MAKASSAR, – Warga kota Makassar dalam 2 hari ini dihebohkan dengan penangkapan 48 terduga pelaku kriminalitas yang tergabung dalam wadah Batalyon 120.

Dimana tujuan pembentukan Organisasi Masyarakat (Ormas) tersebut memang diciptakan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) guna membina para pelaku kriminalitas jalanan agar dapat menjadi garda terdepan penciptaan keamanan dan kenyamanan dimasyarakat, (12/09/2022).

“Para pelaku kriminalitas jalanan, seperti pelaku balapan liar, pelaku perang kelompok dibina didalam wadah tersebut. Dikarenakan para pelaku masih berusia dibawah umur, olehnya itu Batalyon 120 sengaja diciptakan sebagai wadah rehabilitasi buat mereka. Dan diharapkan nantinya jadi garda terdepan penjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan ditengah masyarakat, “kata Walikota Makassar. Dhany Pomanto.

Di Batalyon 120, mereka ditempa dengan pendidikan Formil, dari pelajaran SD hingga SMA melalui program kejar paket A, B dan C. Walikota Makassar serta segenap unsur Forkopimda berharap agar nantinya para pelaku tersebut tidak terjun lagi kembali sebagai pelaku kriminalitas jalanan.

“Mereka disana diberi pendidikan, dari pelajaran Sekolah Dasar (SD sampai pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA). Kami selaku Forkopimda berharap agar nantinya mereka tidak terjun lagi menjadi pelaku kriminalitas jalanan, “lanjut Dhany Pomanto.

Barang bukti yang berhasil diamankan pada saat penggerebekan merupakan alat yang ada digudang Batalyon 120. Dimana alat mereka itu nantinya akan diserahkan ke Mapolrestabes Makassar untuk dimusnahkan.

“Alat mereka itu ditaruh digudang, karena nantinya akan diserahkan ke Mapolrestabes untuk dimusnahkan. Dan botol minuman keras itu juga botol kosong, sengaja dikumpulkan untuk dijual, “tambahnya.

Sementara itu Kapolrestabes Makassar. Kombes. Pol. Budi Haryanto S. Ik, MH. Mengatakan bahwa dalam rangka menciptakan situasi Khamtibmas yang kondusif, Forkopimda memang membentuk Batalyon 120 untuk memberikan mereka edukasi, pemahaman, menempa para pelaku-pelaku kriminal dengan pendidikan formal dan keagamaan.

“Untuk menciptakan situasi Khamtibmas yang kondusif, kami bersama-sama di Forkopimda untuk membentuk suatu wadah agar mereka (pelaku kriminal jalanan) dapat diberi edukasi, pemahaman, pendidikan baik itu formal dan keagamaan. Dimana tujuannya agar mereka tidak kembali mengulangi perbuatan yang sama, “ucap KBP. Budi Haryanto S. Ik, MH.

‘Terkait dengan kondisi Khamtibmas, dirinya juga memastikan bahwa hingga hari ini masih aman dan diharapkan dengan adanya Batalyon 120, tindak kriminalitas akan terus menurun. Serta barang bukti hasil penggerebekan di Batalyon 120, nantinya akan dimusnahkan.

“Alhamdulillah, Puji Tuhan. Makassar kami pastikan masih aman, dan kami juga berharap agar kedepannya akan lebih aman lagi. Dimana dengan adanya Batalyon 120 tersebut, kelak akan menjadi sumber informasi akurat buat Forkopimda dalam rangka menciptakan situasi, kondisi Khamtibmas kondusif. Barang buktinya digudang, adalah hasil perekrutan dari anak-anak yang sudah sadar dan sudah tidak mau melakukan kejahatan lagi, tentu akan dimusnahkan, “tutup KBP. Budi Haryanto S. Ik, MH.

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...