Logo Lintasterkini

Kisah Zakila, Siswi Kelas V SDN 1 Rappang yang Hobi Baca Buku

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 13 April 2017 23:33

Zakila, siswi kelas V SDN 1 Rappang yang bisa melahap 50 judul buku per bulan.
Zakila, siswi kelas V SDN 1 Rappang yang bisa melahap 50 judul buku per bulan.

SIDRAP – Namanya Zakila, siswi SD terpencil SDN 1 Rappang, Sidrap. Usianya baru 11 tahun, atau menginjak kelas lima SD. Namun ia memiliki kebiasaan luar biasa, sangat suka  membaca buku.

Setiap bulan rata-rata Zakila habiskan membaca 50 judul buku. Tak hanya itu, ia mampu menceritakan dengan baik buku-buku yang telah dibacanya. Pada waktu baru pertama kali masuk sekolah, menurut Hidayah, ibu kepala sekolah yang juga mengajar kelas 1, Zakila paling cepat menguasai membaca. Bahkan ia selalu mendapatkan ranking pertama.

Namun saat menginjak kelas tiga, prestasinya sedikit menurun, walau tanda-tanda kesukaan membacanya mulai kelihatan. Keluarga Zakila adalah keluarga besar. Orang tuanya yang hanya bekerja sebagai tukang bangunan harus menghidupi 11 anaknya. Kehidupan itulah yang membuat Zakila, anak ke-8, lebih suka tinggal sama tantenya.

Namun saat kelas tiga, tantenya menikah dan Zakila tak bisa lagi tinggal bersamanya. Ia harus kembali pada keluarganya. Diantara kehidupannya yang penuh warna karena harus tinggal dalam keluarga besar, Zakila lebih sering menghabiskan waktunya membaca buku. Bahkan sering sampai jam 12 malam.

“Ia jarang menonton televisi. Jarang juga bermain. Waktunya dihabiskan untuk membaca,” kata Hartina, ibunya, Kamis, (13/4/2017).

Zakila memang hobi membaca buku, bahkan sebelum Pemda dan Usaid Prioritas gencar mendorong program budaya baca di Kabupaten Sidrap. Karena harus menghidupi banyak anak, ia belum pernah mendapatkan sokongan buku cerita dari orang tuanya. Untung sekolahnya memiliki cukup banyak buku cerita. Ada kurang lebih 6000 buku fiksi dan non fiksi di sekolahnya yang cukup membuatnya bisa menghabiskan waktu kesendiriannya dengan membaca.

[NEXT]

Pada tahun 2015, atas inisiasi Dinas Pendidikan Sidrap, SDN 1 Rappang mulai memperkenalkan program budaya baca. Sama seperti sekolah lain, sekolah ini juga berinisiatif untuk mendokumentasikan jumlah buku yang dibaca siswa per bulannya dengan buku kontrol membaca. Buku tersebut berisi kolom hari, tanggal, judul buku yang dibaca, halaman yang dibaca dan tanda tangan guru kelas.

Buku ini adalah buku motivasi, karena dengan buku tersebut, anak-anak berlomba agar tercatat sebagai yang membaca paling  banyak buku. Untuk memotivasi lebih jauh, sekolah juga memberikan hadiah bagi yang tercatat membaca buku terbanyak, paling baik merangkumnya dan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca.

Lomba merangkum dan menceritakan buku biasa diadakan pada hari Sabtu selama 35 menit. Adanya program budaya baca ini telah membuat Zakila semakin gandrung membaca. Bahkan Zakila adalah siswa pertama yang menceritakan hasil membaca bukunya pada lomba hari Sabtu itu. Walaupun Zakila cukup pemalu dan kadang agak terbata-bata, namun hanya dengan sekali membaca, dia mampu bercerita dengan runut jalinan kisah buku yang dibaca.

Ia mampu bercerita dengan detail buku cerita tentang Nabi Ibrahim, dari mulai Nimrod yang bermimpi tentang bayi-bayi, sampai Ibrahim menghancurkan patung-patung. Demikian juga saat diminta menceritakan buku “Lukisan Kenangan“ karya Pipit Senja. Buku yang tebalnya 159 halaman itu dihabiskan tiga jam saja.

Karena rajin membaca buku, maka buku kontrolnya sudah penuh catatan. Padahal masih satu bulan saja, yaitu Bulan Januari 2017. Menurut Hidayah, setelah menghitung catatan buku kontrol membacanya dengan teliti, pada Bulan Januari itu, Zakila membaca 74 buku dan Maret 2017 sebanyak 52 buku. Rata-rata Zakila menghabiskan sebulan 50-an buku.

“Buku yang tebal-tebal saya bisa habiskan dalam waktu setengah hari atau satu hari. Tapi kebanyakan buku cerita di sekolah tipis-tipis, sehingga paling butuh satu jam sampai dua jam saja,” ujarnya sambal sedikit menunduk.

[NEXT]

Zakila, sebagaimana Aisyah, merupakan benih-benih kecil diantara puluhan siswa di Sidrap yang sekarang ini banyak membaca buku. Mereka tidak hanya membaca, tapi memahami cerita dan mampu menceritakan kembali bacaan dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Sidrap merupakan salah satu penerima Anugerah Literasi Prioritas dari Kemendikbud. Anugerah tersebut dicapai setelah Dinas Pendidikan Sidrap dengan asistensi Usaid Prioritas dan berkolaborasi dengan stakeholder dan masyarakat menerapkan program budaya baca di kabupaten tersebut.

Salah satu program budaya baca di sekolah berupa membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan menceritakan hasil bacaan selama 35 menit setiap hari Sabtu. Sementara di luar sekolah, kabupaten Sidrap juga mencanangkan untuk membangun taman-taman baca di ruang-ruang publik.

Mustajib, Communication Specialist Usaid Prioritas Sulsel berharap, Pemerintah Sidrap menjaga trend peningkatan kesukaan membaca siswa-siswa di Sidrap. Kesukaan membaca siswa yang sudah mulai tumbuh itu harus dijaga terus menerus. Salah satunya dengan menjamin ketersediaan banyak buku menarik di sekolah.

“Jangan sampai semua sudah dibaca dan tidak ada lagi buku yang lain. Pemerintah Kabupaten Sidrap bisa mendukung hal ini dengan menyediakan anggaran lebih banyak untuk pembelian buku sekolah dan segera membangun perpustakaan wilayah dengan kelengkapan buku yang memadai,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News28 Maret 2024 15:25
Viral Di Medsos, Dinas Bima Cipta Pinrang Janji Perbaikan Jembatan Libukang Kassa Batulappa Dikerjakan Tahun Ini
PINRANG — Sebuah video yang memperlihatkan jembatan gantung yang rusak parah dan sangat tidak layak dipergunakan lagi, khususnya dilintasi kenda...
News28 Maret 2024 14:20
Pj Gubernur Sulsel Luncurkan Program Sedekah Pohon di Bone
BONE – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, meluncurkan program Sedekah Pohon untuk masyarakat Sulsel. Gerakan ini diklaim menjadi yang perta...
News28 Maret 2024 14:05
Pj Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Berbagi Bahagia pada Peringatan Nuzululqur’an
BONE – Peringatan Nuzululqur’an pada 17 Ramadan 1445 H/2024 M Pemprov Sulsel dipusatkan di Kabupaten Bone, Rabu (27/3/2024). Pelaksanaanny...
News28 Maret 2024 12:28
Jelang Lebaran, Perumda Parkir Makassar Imbau Jukir Tidak Naikkan Tarif Parkir
MAKASSAR – Perumda Parkir Makassar mengimbau jukir resmi tidak menaikkan tarif parkir kendaraan yang telah diatur dalam Perda 17/2006 dan ditet...