Logo Lintasterkini

Banjir Landa Mamuju, 120 KK Dievakuasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 13 Juni 2022 21:46

Banjir di Mamuju
Banjir di Mamuju

MAMUJU – Banjir melanda sejumlah kawasan di Mamuju, Sulawesi Barat, akibat hujan tak henti pada Minggu (12/6/2022). Tim SAR gabungan pun mengevakuasi setidaknya 120 kepala keluarga (KK) ke tempat lebih aman.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju, Muhammad Faturahman, menjabarkan bahwa tim SAR mengevakuasi warga dari tiga tempat dengan dampak banjir paling parah.

Ketiga kawasan itu mencakup Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, dan Kecamatan Simboro. Di sana, banjir sudah mencapai hingga setinggi satu meter.

“Tim SAR gabungan fokus melakukan evakuasi di tiga kawasan perumahan. Setidaknya, masing-masing 40 kepala keluarga di setiap perumahan yang berhasil dievakuasi,” ucap Muhammad, seperti dikutip Antara.

Muhammad kemudian mengungkap bahwa proses evakuasi di Lingkungan Sese sempat terhambat karena begitu deras arus air di kawasan tersebut.

“Kalau hambatan hanya arus air yang cukup deras, tapi proses evakuasi tetap berjalan lancar,” ujar Muhammad.

Sementara itu, sebagian warga lainnya yang terjebak banjir di Lingkungan Sese juga melakukan evakuasi mandiri tanpa bantuan tim SAR gabungan.

“Jumlahnya masih kami minta pendataan dari kepala desa dan kepala lingkungan setempat,” tutur Muhammad.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, memantau langsung proses evakuasi dan keadaan di lokasi banjir di Lingkungan Sese.

Ia meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah kabupaten, dinas sosial, dan dinas PUPR untuk berkoordinasi memastikan kesiapan armada di lokasi rawan longsor akibat banjir.

“Fokus dulu pada penyelamatan korban. Jangan sampai masyarakat kita tidak mendapatkan pelayanan kebencanaan,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...