Logo Lintasterkini

Banjir Landa Mamuju, 120 KK Dievakuasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 13 Juni 2022 21:46

Banjir di Mamuju
Banjir di Mamuju

MAMUJU – Banjir melanda sejumlah kawasan di Mamuju, Sulawesi Barat, akibat hujan tak henti pada Minggu (12/6/2022). Tim SAR gabungan pun mengevakuasi setidaknya 120 kepala keluarga (KK) ke tempat lebih aman.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju, Muhammad Faturahman, menjabarkan bahwa tim SAR mengevakuasi warga dari tiga tempat dengan dampak banjir paling parah.

Ketiga kawasan itu mencakup Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, dan Kecamatan Simboro. Di sana, banjir sudah mencapai hingga setinggi satu meter.

“Tim SAR gabungan fokus melakukan evakuasi di tiga kawasan perumahan. Setidaknya, masing-masing 40 kepala keluarga di setiap perumahan yang berhasil dievakuasi,” ucap Muhammad, seperti dikutip Antara.

Muhammad kemudian mengungkap bahwa proses evakuasi di Lingkungan Sese sempat terhambat karena begitu deras arus air di kawasan tersebut.

“Kalau hambatan hanya arus air yang cukup deras, tapi proses evakuasi tetap berjalan lancar,” ujar Muhammad.

Sementara itu, sebagian warga lainnya yang terjebak banjir di Lingkungan Sese juga melakukan evakuasi mandiri tanpa bantuan tim SAR gabungan.

“Jumlahnya masih kami minta pendataan dari kepala desa dan kepala lingkungan setempat,” tutur Muhammad.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, memantau langsung proses evakuasi dan keadaan di lokasi banjir di Lingkungan Sese.

Ia meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah kabupaten, dinas sosial, dan dinas PUPR untuk berkoordinasi memastikan kesiapan armada di lokasi rawan longsor akibat banjir.

“Fokus dulu pada penyelamatan korban. Jangan sampai masyarakat kita tidak mendapatkan pelayanan kebencanaan,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...