Logo Lintasterkini

Banjir Landa Mamuju, 120 KK Dievakuasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 13 Juni 2022 21:46

Banjir di Mamuju
Banjir di Mamuju

MAMUJU – Banjir melanda sejumlah kawasan di Mamuju, Sulawesi Barat, akibat hujan tak henti pada Minggu (12/6/2022). Tim SAR gabungan pun mengevakuasi setidaknya 120 kepala keluarga (KK) ke tempat lebih aman.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju, Muhammad Faturahman, menjabarkan bahwa tim SAR mengevakuasi warga dari tiga tempat dengan dampak banjir paling parah.

Ketiga kawasan itu mencakup Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, dan Kecamatan Simboro. Di sana, banjir sudah mencapai hingga setinggi satu meter.

“Tim SAR gabungan fokus melakukan evakuasi di tiga kawasan perumahan. Setidaknya, masing-masing 40 kepala keluarga di setiap perumahan yang berhasil dievakuasi,” ucap Muhammad, seperti dikutip Antara.

Muhammad kemudian mengungkap bahwa proses evakuasi di Lingkungan Sese sempat terhambat karena begitu deras arus air di kawasan tersebut.

“Kalau hambatan hanya arus air yang cukup deras, tapi proses evakuasi tetap berjalan lancar,” ujar Muhammad.

Sementara itu, sebagian warga lainnya yang terjebak banjir di Lingkungan Sese juga melakukan evakuasi mandiri tanpa bantuan tim SAR gabungan.

“Jumlahnya masih kami minta pendataan dari kepala desa dan kepala lingkungan setempat,” tutur Muhammad.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik, memantau langsung proses evakuasi dan keadaan di lokasi banjir di Lingkungan Sese.

Ia meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah kabupaten, dinas sosial, dan dinas PUPR untuk berkoordinasi memastikan kesiapan armada di lokasi rawan longsor akibat banjir.

“Fokus dulu pada penyelamatan korban. Jangan sampai masyarakat kita tidak mendapatkan pelayanan kebencanaan,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional24 Oktober 2024 20:04
Bakamla RI Intercept China Coast Guard Coba Masuk Kembali ke Wilayah Yurisdiksi Indonesia
Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki wilayah Yurisdiksi Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Kamis (24/1...
Pemerintahan24 Oktober 2024 18:12
Bupati Adnan Minta Alat Kelengkapan Dewan Segera Dibentuk
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpi...
Pendidikan24 Oktober 2024 18:06
FK Unhas-LUMC Belanda Gelar Research Internship 2024, Fokus Penelitian Infeksi pada Siswa SD di Kota dan Desa
MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) kembali menggelar program Research Internship 2024 sebagai bagian dari kerjasama denga...
Pemerintahan24 Oktober 2024 16:30
Pjs Wali Kota Makassar Ucapkan Selamat Kepada Anggota DPRD Baru, Tekankan Amanah dan Tanggung Jawab
MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik dalam Rapat...