Logo Lintasterkini

Lakalantas Turun Drastis Usai Operasi Zebra Pallawa 2022, Benarkah?

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Kamis, 13 Oktober 2022 11:51

Operasi Zebra Pallawa 2022
Operasi Zebra Pallawa 2022

MAKASSAR – Operasi Zebra Pallawa 2022 yang digelar oleh Satlantas Polrestabes Makassar, diklaim sukses dan mampu menekan tingkat kecelakaan lalulintas (lakalantas) serta pelanggaran lalulintas lainnya.

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda SIK , MSi menjelaskan, dari hasil analisa dan evaluasi (Anev) yang selama pelaksanaan Operasi Zebra Pallawa 2022, kasus lakalantas alami penurunan.

“Selama 10 hari Ops Zebra 2022 dinilai sudah berjalan dengan efektif, dimana lakalantas menurun drastis dimana hanya terjadi 14 lakalantas yang akibatkan korban hanya luka ringan,” beber Zulanda.

Sementara, pelaksanaan operasi yang digelar selama 10 hari yang tercatat hingga tanggal 13 Oktober 2022, tercatat jumlah 374 pelanggar. Untuk pelanggar roda dua tak menggunakan helm SNI 96 orang, melawan arus 72 orang, berkendara di bawa imut 40 orang. Jumlah nya 208 orang.

Demikian halnya pelanggaran untuk roda empat (mobil), melawan arus 4 orang, gunakan hp saat nyetir 26 orang, yang gunakan Safety Belt 91 orang. Jumlahnya 121 orang.

“Jumlah kendaraan bermotor yang dominan melakukan pelanggaran dalam 10 hari pelaksanaan operasi adalah pengemudi sepeda motor dengan jumlah 208 pelanggar, mobil penumpang 98 unit, mobil brang 23,” jelas Kasatlantas Polrestabes Makassar.

Data tersebut beber Kasatlantas Polrestabes Makassar, sesuai dengan laporan kejadian yang dilaporkan atau yang ditemukan oleh kepolisian.

“Turunnya angka lakalantas dan pelanggaran ini merupakan peran aktif dari pengendara masyarakat kota Makassar yang sangat peduli akan keselamatan berlalulintas,” tambah Kasatlantas Polrestabes Makassar.

Ia mengakui, ada dua Pelanggaran yang akan dilakukan penindakan tegas 4 hari terakhir ini dengan Penilangan yaitu melawan arus dan penggunaan helm utamanya dimalam hari.

“Oleh karena itu sesuai dengan Rencana awal 4 hari terakhir Ops Zebra Pallawa 2022 akan menguatkan pada sisi penindakan penegakan hukum (gakkum) dengan tilang terhadap pelanggaran tersebut,” terang AKBP Zulanda SIK, MSi

“Namun demikian kami tidak berharap itu terjadi pada masyarakat pengguna jalan , oleh karena kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tertib berlalulintas , tidak melawan arus , jauh dekat gunakan Helm baik siang apalagi malam hari,” tambahnya.

Mantan Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sulsel mengakui, Satlantas Polrestabes Makassar saat ini fokus Gakkum melawan arus pada seputaran areal dekat promtek dan seputaran kawasan Jene Talasa. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...