Logo Lintasterkini

Operasi Zebra, Polres Gowa Temukan 335 Pelanggaran

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 13 Oktober 2022 20:42

Operasi Zebra, Polres Gowa Temukan 335 Pelanggaran
Operasi Zebra, Polres Gowa Temukan 335 Pelanggaran

GOWA – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Gowa mencatat ada 335 pelanggaran yang ditemui saat pelaksanaan Operasi Zebra 2022 selama hari ke-9 dilaksanakan sejak tanggal 3 Oktober 2022 lalu.

Kaur Bin Ops (KBO), Satlantas Polres Gowa, Mustafa Azis mengungkapkan dari 335 pelanggaran tersebut, didominasi tiga jenis pelanggaran yakni, melawan arus saat berkendara, tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI) serta berboncengan lebih, dimana pengendara yang melakukan pelanggaran didominasi dari kalangan Pelajar.

“Selama sembilan hari pelaksanaan operasi zebra kami catat ada 335 pelanggaran. Kebanyakan yang melakukan pelanggaran itu dari kalangan pelajar atau anak dibawah umur,”ungkapnya, yang ditemui, Kamis (13/10/2022).

Namun kata Mustafa Azis, operasi zebra 2022 yang dilaksanakan ini tidak melakukan penindakan tilang bagi pengendara yang kedapatan melanggar, melainkan hanya diberikan teguran dan imbauan saja.

“Pengendara yang kita temui melakukan pelanggaran itu kita tidak tilang, namun kita berikan teguran atau bersifat sebagai pencegahan. Jadi kita berikan surat penyataan agar yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran lagi saat berkendara di jalan,”katanya.

Selama pelaksanaan operasi zebra yang berlangsung selama 2 pekan ini Mustafa Azis berharap masyarakat atau pengendara disiplin berlalulintas, dan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalulintas yang
bertujuan untuk mewujudkan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas)

Sementara itu Kasat Lantas Polres Gowa, AKP Suryanto mengungkapkan, untuk menanamkan pengetahuan berlalulintas sejak dini bagi pelajar, pihaknya intens melakukan sosialisasi dan edukasi bagi pelajar.

“Kita ada MoU dengan Dinas Pendidikan, jadi kita intens berkunjung ke setiap sekolah yang ada di kabupaten Gowa, mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA. Tujuannya memberikan pemahaman sejak dini kepada pelajar tentang berlalulintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalulintas,”terangnya.

Adapun jenis pelanggaran yang menjadi prioritas pelanggaran dalam operasi zebra 2022, yakni pengendara yang melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk pengaman, melebihi batas kecepatan, dan berkendara di bawah umur. (Sam).

Penulis : Yan

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...