Logo Lintasterkini

57 Mahasiswa Indonesia di Lebanon Ikuti Orientasi Wawasan Kebangsaan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 13 Desember 2016 00:14

Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL Lebanon memberikan kegiatan Outbond tema Wawasan Kebangsaan untuk 57 mahasiswa Indonesia di Lebanon.
Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL Lebanon memberikan kegiatan Outbond tema Wawasan Kebangsaan untuk 57 mahasiswa Indonesia di Lebanon.

LINTASTERKINI.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lebanon mengadakan program tahunan yaitu kegiatan outbound dengan tema Wawasan Kebangsaan. Program ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Indonesia di Lebanon.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 2-4 Desember 2016 di Batroun Village and Club-Lebanon. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama pihak KBRI di Lebanon dengan prajurit KRI Bung Tomo-357 yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL Lebanon yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo.

Sebanyak 57 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di beberapa kampus berbeda di Lebanon. Orientasi wawasan kebangsaan dan outbound dibuka secara langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Chumaidy.

Dalam sambutannya, Dubes RI berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh sebagai bekal untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan kecintaan kepada NKRI, karena mahasiswa adalah penerus bangsa di masa datang.

Kegiatan Outbound diawali dengan penyampaian pembekalan oleh Kapten Laut (P) Rachmat Fetaro Hia berupa materi 4 Pilar wawasan kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, yang dimaksudkan untuk menggugah dan memantapkan kembali semangat nasionalisme peserta outbound.

Selanjutnya, Sekretaris I/Pelaksana Fungsi Politik dan Penerangan KBRI Beirut Meugah Suriyan Sanggamara juga memberikan materi pemantapan tentang sejarah terbentuknya wawasan kebangsaan. Setelah itu dilanjutkan dengan beberapa kegiatan outbound dan materi yang dibawakan oleh Tim Psikologi/Bintal Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 yang dipimpin oleh Perwira Psikologi yakni Kapten Laut (KH) M.Cholil Bayu Murti.

Materi diberikan dalam bentuk permainan fun game untuk melatih kerja sama tim, kerelaan berkorban, inisiatif, komunikasi serta problem solving. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para peserta outbound.

“Acara ini sangat bermanfaat karena dapat melatih jiwa kepemimpinan para mahasiswa serta dapat mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa, maupun mahasiswa dengan seluruh staf KBRI, dan prajurit TNI AL yang sedang bertugas di Lebanon,” kata HA. Ainur Rahim, Ketua Perhimpunan Pelajar Lebanon.

Saat menutup kegiatan, Dubes RI untuk Lebanon memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas suksesnya kegiatan outbound yang terlaksana atas kerja sama KBRI Lebanon dengan Prajurit KRI Bung Tomo-357. Ia berharap kepada seluruh mahasiswa dapat mengambil hikmah serta mempunyai jiwa nasionalisme dan kecintaan kepada Tanah Air.

“Meskipun meninggalkan Tanah Air dan menimba ilmu di negara lain dalam jangka waktu yang lama, namun tidak akan menghilangkan jiwa nasionalisme dan kebanggaan terhadap Tanah Air Indonesia,” kata Chozin melalui rilis Penerangan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Komandan beserta Tim dari Prajurit KRI Bung Tomo-357 yang telah bersedia menjadi fasilitator dan sekaligus motivator pada kegiatan ini,” katanya.

Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 sebagai duta perdamaian Indonesia dalam misi PBB senantiasa berupaya yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Di samping tetap fokus menjalankan tugas utamanya dalam menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah perairan Lebanon.

Namun juga turut berperan aktif dalam mendukung kegiatan positif lain yang diselenggarakan oleh pihak KBRI sebagai representasi negara untuk menguatkan peran dan kebijakan pemerintah RI di luar negeri, khususnya di Lebanon. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...