Logo Lintasterkini

Kerap Dimediasi, Tawuran “Cambayya-Barukang” Kembali Pecah, 1 Polisi Terkena Busur

Budi S
Budi S

Minggu, 14 Februari 2021 21:56

Tawuran antar warga di Jalan Barukang, Makassar
Tawuran antar warga di Jalan Barukang, Makassar

MAKASSAR – Tawuran antar warga di wilayah Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, kembali pecah, Sabtu dini hari (13/02/2021). Satu kios jualan milik warga ikut terbakar akibat lemparan bom molotov di Jalan Barukang Utara.

Selain itu, juga ada satu anggota polisi terkena anak panah jenis busur, saat hendak membubarkan kedua belah pihak yang bertikai.

Tawuran antar warga ini sudah kerap terjadi. Hanya saja, penyebab pasti dari konflik itu belum diketahui. Diduga dendam lama bersemi kembali.

Kapolres Pelabuhan, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim pun mengakui jika warga yang bertikai itu sudah dimediasi untuk bisa berdamai.

Namun upaya itu gagal. Mereka tetap saja saling serang dengan menggunakan senjata tajam (sajam), batu hingga bom molotov.

“Sudah sering di mediasi setiap ada tawuran, hanya saja belum ada tindak lanjutnya di lapangan. Sementara polisi hanya melakukan pembubaran dan pengamanan saja,” kata AKBP Kadarislam saat dikonfirmasi LINTASTERKINI, Minggu (14/02/2021).

Atas kejadian baru-baru itu, polisi berpangkat dua bunga melati ini memastikan akan kembali melakukan mediasi di tingkat kecamatan.

“Intinya, tawuran ini kembali kepada masyarakat. Selama masyarakat masih menginginkan dan senang dengan tawuran, maka upaya apa pun pasti tidak akan berhasil. Dan polisi pasti tetap turun melakukan pencegahan dan juga tindakan ketika terjadi tawuran,” tutur AKBP Kadarislam.

Menurut Kasat Sabhara Polres Pelabuhan, Iptu Asfada, konflik ini melibatkan warga Cambayya dengan Barukang.

Ada pun anggota polisi yang terkena busur, dipastikan dalam kondisi baik, yang merupakan personel dari Direktorat Samapta Polda Sulsel.

“Alhamdulillah (busurnya) tidak tembus karena menggunakan rompi,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya tawuran susulan, sejumlah polisi pun disiagakan di sekitaran lokasi.

“Anggota disiagakan di posko Barukang untuk mengantisipasi kelanjutan perang kelompok ini,” tutup Iptu Asfada. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintah Antisipasi Klaster Pengungsian di Lokasi Bencana Banjir
Bersama Melawan Covid-1925 Februari 2021 18:09
Pemerintah Antisipasi Klaster Pengungsian di Lokasi Bencana Banjir
"Pencegahan ini dapat dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk juga skrining melalui rapid test antigen. Sehingga mereka yan...
Pemda Berperan Menguatkan PPKM Mikro Tahap 2
Bersama Melawan Covid-1925 Februari 2021 17:58
Pemda Berperan Menguatkan PPKM Mikro Tahap 2
"Menindak lanjuti PPKM ini, Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan instruksi Nomor 4 Tahun 2021 yang harus ditindak lanjuti oleh gubernur dan kepala ...
Empat Calon Profesor LLDIKTI IX Presentase Usulan Guru Besar
Dunia Kampus25 Februari 2021 17:52
Empat Calon Profesor LLDIKTI IX Presentase Usulan Guru Besar
"Selain itu untuk memahami dan mencari rekam jejak etika dan akademik bagi calon Guru Besar tersebut," ujar Prof. H. Ma'ruf Hafidz, yang juga sebagai ...
Polres Parepare Gelar Tes Urine, Kapolres Parepare Tes Urine, Ini Hasilnya.
News25 Februari 2021 17:34
Polres Parepare Gelar Tes Urine, Kapolres Parepare Tes Urine, Ini Hasilnya.
pemeriksaan tes urine ini diantaranya, anggota Satuan Reskrim, Satuan Sabhara, Satuan Intelkam, Bagian Ops, Sitipol, Satuan Tahti, Siwas, Sium, SPKT, ...