Logo Lintasterkini

HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UINAM Kaji Kepemimpinan Perempuan dalam Kitab Suci

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 14 Juni 2021 15:24

HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UINAM Kaji Kepemimpinan Perempuan dalam Kitab Suci

MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Alquran dan Tafsir menggelar kajian bertajuk “Kepemimpinan Perempuan dalam Alquran”. Kegiatan tersebut digelar melalui Zoom Meeting, Minggu (13/6/2021).

Ketua Jurusan Studi Agama-agama FUFP, Sitti Syakirah Abu Nawas M Th I yang menjadi pemateri mengatakan, diskriminasi berlaku bagi semua gender baik laki-laki maupun perempuan.

Namun kata dia, di ranah publik memang yang cenderung lebih banyak korbannya adalah perempuan. Selain diskriminasi, adanya stigma-stigma negatif dan pembatasan sesuatu berdasarkan gender memicu kegelisahan beberapa orang.

“Berangkat dari kegelisahan tersebut maka ada beberapa golongan yang tidak mau dilabeli sebagai laki-laki maupun perempuan, belakangan golongan ini disebut sebagai NB (Non Binar),” ujarnya.

Berbicara mengenai Kepemimpinan Perempuan dalam Islam lanjut dia, ada posisi perempuan sebagai pemimpin yang masih terus diperdebatkan.

“Salah satunya pemimpin dalam salat. Adanya hadis mengenai larangan perempuan menjadi pemimpin dalam salat dan tidak adanya sejarah yang menunjukkan menjadi landasan bagi sebagian ulama untuk melarang wanita memimpin dalam salat walaupun dalam wilayah domestik,” imbuhnya.

Namun timpa dia, Almarhum Ustad Mustafa Ali, seorang dosen Ilmu Hadis mengatakan bahwa hadis pelarangan perempuan sebagai imam salat lebih lemah, dibanding hadis yang menyerukan wanita untuk menjadi imam salat di rumahnya.

“Beberapa ulama juga berpendapat bahwa perempuan menjadi imam salat di wilayah domestik boleh-boleh saja, bahkan di suatu wilayah ada perempuan yang menjadi imam dan khatib. Sayangnya, dalil mengenai posisi wanita sebagai pemimpin dalam salat disetir ke dalam ranah publik,” jelasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...