Logo Lintasterkini

Nurdin Abdullah Percantik Rantepao dengan Jalur Pedestrian, Warga Apresiasi dan Mendoakan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 14 Juni 2021 12:37

Nurdin Abdullah Percantik Rantepao dengan Jalur Pedestrian, Warga Apresiasi dan Mendoakan

TORAJA UTARA – Kendati masih dalam situasi pandemi Covid-19, warga di Rantepao kota, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan masih tetap bersemangat. Ini dikarenakan adanya fasilitas umum yang telah dibangun di daerah tersebut.

Tersedianya sarana jalur pedestrian bagi pejalan kaki, sangat dinikmati baik warga lokal, maupun pengunjung yang berwisata. Apalagi kondisi jalan yang nampak bersih dan tertata rapi yang sangat menunjang sektor pariwisata di Rantepao.

Perubahan signifikan kota ini dilakukan di awal kepemimpinan Gubernur Sulsel nonaktif, Prof HM Nurdin Abdullah. Totalnya, ada delapan ruas jalan yang dibangun dan sedang tahap perampungan.

“Sebelum menjadi gubernur, dia (NA) telah menjanjikan jalur pedestrian khusus di Toraja Utara dan alhamdulillah semua terlaksana 100 persen,” ungkap salah seorang warga, Ramly Djamal yang bermukim di kawasan Lapangan Bakti Toraja Utara.

Ramly mengaku sangat merindukan sosok Nurdin Abdullah. Pasalnya, beberapa program pembangunan yang digagas NA, diakuinya mampu meningkatkan perekonomian warga, bahkan membuka akses ekonomi ke kabupaten lain.

“Orang Toraja sangat merindukan Pak Prof (sebutan lain Nurdin Abdullah). Kami mengharapkan kasus yang menjeratnya, cepat selesai dan kami selalu mendoakan untuk keselamatannya,” katanya.

Warga lainnya, Ibu Maop yang bermukim di kawasan jalur pedestrian di Jln. Sam Ratulangi – Monginsidi, juga merasa sangat senang dengan perubahan yang terjadi di kotanya.

“Ini luar biasa. Adanya trotoar, warga sudah mulai paham aturan dan menghargai pejalan kaki. Kami orang tua sudah bisa berjalan keliling. Kota juga nampak lebih cantik,” salutnya.

Menurutnya, pembangunan tersebut berkat upaya Nurdin Abdullah saat diawal kepemimpinannya menjadi Gubernur Sulsel. “Kami selalu mendoakan beliau. Tuhan itu adil,” tambah Ibu Maop saat ditemui beberapa waktu lalu.

Selain di ruas Jl Ratulangi-Monginsidi, ada juga pedestrian di Jl Merdeka, Jl Mangandil, Jl Landorundun, Jl Niaga, Jl Andi Mappanyukki, dan Jl Provinsi Bantaran Sungai.

Salah seorang pegawai Inspektorat Pemkab Toraja Utara, Jenny Sakka, mengungkapkan bahwasanya pemerintah dan masyarakat harus senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan jalan pedestrian ini.

“Ini sangat luar biasa sekali. Pemkab dan masyarakat sama-sama menjaga fasilitas ini yang merupakan sumbangsih Nurdin Abdullah,” imbuh Jenny Sakka.(*)

 Komentar

 Terbaru

News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...
Nasional28 Juli 2021 22:28
Panglima TNI Pastikan Kesiapan Tenaga Tracer Covid-19 di Yogyakarta
Menurut Panglima TNI, wilayah Maguwoharjo ini zonasinya masuk pada kategori kuning dan hijau, hal itu berkat kerja keras para tenaga tracer digital da...