Logo Lintasterkini

Atasi Banjir Makassar, Danny Akan Buat Kolam Regulasi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 15 Maret 2021 01:52

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang, Adenan Rasyid, Sabtu (13/3/2021).
Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang, Adenan Rasyid, Sabtu (13/3/2021).

MAKASSAR — Dua titik lokasi yakni Paccerakang Kecamatan Biringkanaya dan Antang Kecamatan Manggala di Kota Makassar menjadi titik lokasi banjir cukup parah saat hujan mengguyur daerah ini. Seperti hujan deras beberapa hari lalu yang tak henti-hentinya, memaksa sejumlah lokasi pada dua kecamatan itu terendam banjir.

Untuk menangani banjir di dua lokasi tersebut, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto bertekad segera menanggulanginya. Hal itu setelah Danny Pomanto (DP), sebutan akrab Walikota Makassar ini bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Je’neberang, Adenan Rasyid berdiskusi mencari solusinya. Sabtu (13/3/2021), di kediaman pribadi Danny di Jalan Amirullah, Makassar.

Danny mengungkapkan jika dirinya baru saja berkoordinasi dengan Balai Besar Pompengan. Keduanya memiliki pandangan yang sama bahwa dua lokasi yakni Paccerakang Kecamatan Biringkanaya dan Antang Kecamatan Manggala merupakan dua lokasi banjir paling parah yang perlu segera dicarikan solusi yang terbaik.

Walikota Makassar dua periode ini mengungkapkan banjirbdi Paccerakkang itu diakibatkan adanya pendangkalan sungai Biring Je’ne yang biasa juga disebut Sungai Bangkala.

Danny menjelaskan untuk solusi penanganan banjir khususnya di Kodam III dan sekitarnya akan dibuatkan Kolam regulasi seluas 50 hektare. Lokasi kolam regulasi tepat bersebelahan dengan Kabupaten Maros.

Lanjut DP, akronim Danny Pomanto, untuk langkah awal pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan melakukan pengerukan menggunakan alat berat pada Sungai Biring Je’ne. Pengerukan sungai tersebut dalan pengawasan langsung Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan.

“Kami sudah sepakat, langkah awal paling cepat memperdalam dan tetap berkoordinasi dengan Balai Pompengan. Setidaknya ada usaha-usaha yang nyata untuk rakyat,” tutur Danny Pomanto.

Sementara. Untuk penanggulangan banjir di Antang, menurut DP, pihaknya akan membuat kanal. Sebagai langkah awal, langkah awal dirinya akan membuat garis air berkoordinasi dengan camat dan perumahan-perumahan di sekitarnya.

Danny juga menyebutkan akan membuat tim penanggulangan banjir yang tersusun dari pihak Pemerintah Kota Makassar, Balai Besar Sungai Je’neberang dan Pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Kepala Balai Besar wWlayah Sungai Pompengan Jeneberang, Adenan Rasyid mengatakan pihaknya akan segera ke lapangan untuk mengecek kesiapan dan hal-hal yang dibutuhkan. Untuk eksekusinya sendiri, pihaknya akan menetapkan pengerjaan jangka pendek terlebih dahulu sambil mendetailkan dan menyusun jadwal pengerjaan jangka panjang.

“Jadi ternyata, program kita sejalan dengan konsep Pak Walikota. Kita sudah ada peta dan solusinya. kita akan ke lapangan untuk mengeksekusi. Nanti kita segera membuat kolam regulasi Jambua namanya itu luasnya 50 hektare,” jelas Adenan Rasyid. (*)

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...