Logo Lintasterkini

Nota Kesepahaman RPJMD Makassar 2021-2026 Diteken

Budi S
Budi S

Kamis, 15 April 2021 00:22

Penandatanganan Nota Kesepahaman RPJMD Makassar
Penandatanganan Nota Kesepahaman RPJMD Makassar

MAKASSAR – DPRD Makassar menggelar rapat paripurna masa persidangan kedua tahun 2020-2021, Rabu (14/04/2021). Dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Rapat ini membahas sekaligus penandatanganan nota kesepahaman rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Makassar tahun 2021-2026, antara Wali Kota Makassar dengan pimpinan DPRD.

Menurut Juru Bicara DPRD Makassar, HM Yunus, hasil daripada kesepakatan rancangan awal RPJMD ini akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Mengacu kepada Permendagri nomor 86 tahun 2017.

Permendagri itu, mengatur tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Juga terkait dengan tata cara evaluasi rancangan perda tentang RPJPD dan RPJMD. Serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Nota kesepakatan bersama ini akan menjadi dasar dalam tahapan berikutnya. Yakni konsultasi terhadap konsistensi perencanaan nasional dan daerah melalui Gubernur Sulsel selaku wakil pemerintah (pusat),” kata HM Yunus dalam keterangannya.

Sementara itu, Fatmawati Rusdi dalam sambutannya mewakili Danny Pomanto berharap, agar kesepakatan ini bisa dioptimalkan hingga ke tahap penetapan Ranperda. Diharap sesuai jadwal dan berjalan lancar.

“Oleh karena itu, rencana awal RPJMD ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis dalam upaya melakukan akselerasi pembangunan guna mewujudkan pencapaian visi dan misi pembangunan daerah yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Dengan demikian, baik pihak eksekutif mau pun legislatif dan yudikatif juga diharap untuk menyatukan tekad mewujudkan visi-misi Danny-Fatma. Termasuk peran serta masyarakat.

“Kita ingin percepatan Makassar kota dunia yang sombere dan smart city dengan imunitas kuat untuk semua,” pungkasnya.

Fatmawati menambahkan, dirinya bersama Danny Pomanto memiliki misi. Di antaranya revolusi SDM, percepatan reformasi birokrasi menuju SDM yang unggul dengan pelayanan publik kelas dunia.

“Kita juga ingin SDM bersih dari indikasi korupsi. Termasuk misi merekonstruksi kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya menuju masyarakat sejahtera dengan imunitas ekonomi dan kesehatan kota yang kuat untuk semua. Serta merestorasi ruang kota yang inklusif menuju Kota nyaman kelas dunia yang sombere dan smart city untuk semua,” paparnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
Nasional07 Mei 2021 23:36
ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
“Pemerintah meminta partisipasi masyarakat sebagai pengawas eksternal untuk melaporkan ASN yang terbukti mudik saat lebaran tahun ini,” kata Rini....
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
News07 Mei 2021 23:34
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
"Tekhnisnya ini, warga membawa sampah yang dikumpulkan untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per bulan. Dan banyak sekali manfa...
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 23:07
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
"Kami menggabungkan keduanya menjadi satu elemen fungsi utama untuk mempercepat inovasi dalam upaya memastikan pengembangan produk secara progresif de...
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Pendidikan07 Mei 2021 22:58
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menerima kunjungan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel, Jumat (07/05/2021)....