Logo Lintasterkini

WhatsApp Rilis Fitur Baru, Simak Ini

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 15 September 2023 11:52

WhatsApp punya fitur baru
WhatsApp punya fitur baru

JAKARTA – Ada kabar terbaru dari aplikasi WhatsApp. Nah, aplikasi ini telah merilis fitur baru berupa saluran atau kanal untuk pesan-pesan siaran pada Rabu (13/9/2023).

Saluran akan tersedia untuk semua pengguna di lebih dari 150 negara selama beberapa minggu ke depan.

Dikutip dari Tech Crunch, Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran fitur itu melalui saluran WhatsApp barunya. “Senang sekali memperkenalkan Anda semua pada Saluran WhatsApp, cara pribadi baru bagi Anda untuk mendapatkan pembaruan dari orang dan organisasi yang Anda ikuti,” ujarnya.

“Saya memulai saluran ini untuk berbagi berita dan pembaruan Meta (induk perusahaan WhatsApp),” sambungnya.

Cara akses fitur saluran WA

Pada Juni lalu, Meta pertama kali memperkenalkan fitur saluran di WhatsApp kepada pengguna di Kolombia dan Singapura. Fitur ini diperluas ke tujuh negara lainnya pada Juli 2023. Fitur saluran ini berada di tab terpisah di aplikasi. Pengguna lain tidak akan dapat melihat saluran yang Anda ikuti.

Selain itu, informasi pribadi akun, seperti nomor telepon, tidak akan terlihat oleh admin atau pengikut. Meskipun fitur utama suatu saluran tetap berupa komunikasi melalui pesan siaran, perusahaan menambahkan interaksi baru.

Interaksi baru ini seperti kemampuan bereaksi dengan emoji. Pengguna juga akan dapat melihat jumlah total reaksi di bawah pesan.

Saluran berdasarkan negara pengguna

Dengan peluncuran global, WhatsApp akan memiliki katalog untuk menemukan saluran berdasarkan negara pengguna. Pengguna juga dapat mengurutkan daftar saluran ini berdasarkan yang terbaru, paling aktif, dan terpopuler.

Namun, Meta masih membatasi kemampuan membuat saluran untuk individu atau organisasi tertentu. Perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengizinkan semua orang membuat saluran.

Meskipun WhatsApp tidak memberikan jumlah pasti saluran yang tersedia di platform tersebut, namun dikatakan bahwa sekarang ada ribuan saluran. WhatsApp juga memiliki salurannya sendiri untuk berkomunikasi tentang fitur-fitur aplikasi.

Selain fitur saluran, WhatsApp kini telah memperbarui fitur edit pesan yang memungkinkan admin untuk mengedit pesan hingga 30 hari. WhatsApp juga memungkinkan pengguna mengedit pesan ke individu atau grup. tetapi dengan jangka waktu 15 menit. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...