Logo Lintasterkini

Ketiak dan Selangkangan Anda Menghitam? Ternyata Ini Penyebabnya

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 15 Oktober 2021 11:31

Ketiak dan Selangkangan Anda Menghitam? Ternyata Ini Penyebabnya

Warna kulit yang tidak merata bisa mengganggu penampilan, terlebih lagi bila ada bagian tubuh yang jauh lebih hitam dibandingkan area lainnya.

Seperti halnya pada kondisi kulit di daerah-daerah lipatan seperti ketiak, siku, lutut dan selangkangan seringnya memang berwarna lebih gelap daripada di bagian kulit terbuka lainnya. Daerah lipatan kulit yang menghitam bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita dari berbagai warna kulit.

Salah satu bagian lipatan yang paling sering menghitam adalah selangkangan. Hal ini terjadi ketika kulit di paha bagian dalam menghasilkan melanin secara berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit.

Dari hasil penelitian para pakar, menyebutkan bahwa menggelapnya daerah lipatan karena faktor dari dalam yaitu internal dan ada faktor dari luar yaitu faktoreksternal.

Faktor internal juga terbagi menjadi beberapa faktor. Pertama, dari genetik, sehingga beberapa orang yang memiliki tipe kulit yang lebih gelap itu biasanya lebih mudah mengalami hiperpigmentasi atau menggelapnya ketiak dan selangkangan.

Namun, adapun faktor eksternal dengan Ketiak dan bikini line yang menghitam tidak selalu disebabkan oleh kurangnya Anda membersihkan tubuh saat mandi. Ada beberapa faktor lain yang membuat area pada lipatan tubuh ini cenderung lebih gelap. Melansir dari detik.com, berikut uraian penyebab ketiak dan selangkangan anda menghitam:

1. Obesitas
Dokter kulit Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK menjelaskan, orang yang kegemukan atau obesitas umumnya mengalami penumpukan lemak di tubuhnya, terutama pada bagian paha, perut dan lengan. Lemak tersebut membuat tidak adanya celah atau jarak antara kedua paha ataupun lengan dengan ketiak, sehingga sering terjadi gesekan antara kulit di kedua bagian tersebut.

Akibat terus menerus terjadi gesekan, terjadilah abrasi atau pengikisan kulit yang menyebabkan kekeringan. Saat kulit kering, jadi lebih rentan terjadi iritasi dan terjadilah hiperpigmentasi dan akhirnya menghitam.

Gesekan ini tidak hanya dialami pada orang yang obesitas. Gesekan kulit di ketiak, lipatan dan bagian dalam paha juga kerap terjadi pada orang dengan bentuk tubuh normal. Maka tak heran jika banyak orang yang mengeluhkan kulitnya hitam di area tersebut.

2. Ketidakseimbangan Hormon
Hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab ketiak, bagian dalam paha atau bikini line menghitam. Dokter yang menjadi dosen di Universitas Atmajaya ini mengatakan, pada beberapa wanita ketidakseimbangan hormon bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit. Misalnya saja konsumsi obat-obatan yang memengaruhi hormonal, kehamilan atau penggunaan pil KB. Contoh kecilnya terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi.

“Kadang saat mens hormon meningkat dan terjadi perubahan kondisi kulit. Daerah yang menghitam itu juga bisa terjadi karena pengaruh hormon. Tapi begitu mens selesai, warna hitam memudar sendiri,” tutur Kardiana, kepada awak media, di acara Satto Whitening C-Scrub, Midori Japanese Restaurant, Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, dikutip, Kamis, (14/10/21).

3. Underwear Terlalu Ketat
Pemakaian underwear yang terlalu ketat, membuat kulit di sekitarnya mengalami tekanan terus menerus dan gesekan yang terjadi lebih intens. Kulit jadi sulit bernapas, area Miss V jadi lembab dan akhirnya terjadi iritasi yang mengakibatkan hiperpigmentasi kulit. Itulah sebabnya mengapa area bikini line dan Miss V cenderung menghitam pada sebagian besar wanita.

“Bahan underwear yang tidak menyerap keringat seperti nilon dan polyester juga bisa jadi penyebabnya. Karena tidak serap keringat dengan baik jadi iritasi, dan menyebabkan warna kulit hitam,” kata dokter yang juga praktik di Rumah Sakit Atmajaya dan salah satu klinik peremajaan kulit ini.

4. Kondisi Medis
Orang yang menderita penyakit diabetes mellitus juga cenderung mengalami kulit yang menghitam, biasa disebut dengan acunthosis migricans. Yaitu istilah untuk kelainan kulit karena gangguan kadar insulin.

“Biasanya ada orang yang bagian tengkuknya hitam, itu tidak selalu karena dia banyak dakinya. Tapi manifestasi dari gangguan insulin,” terang Kardiana.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 20:42
Terkait Izin Royal Apartement, Komisi C DPRD Makassar RDP dan Lakukan Peninjauan
MAKASSAR– Sikapi aspirasi Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (AMPR) pekan lalu, Komisi C DPRD Makassar menggelar rapat dengar pendapat (RDP), pada ...
News16 Oktober 2021 20:25
Kadis Kominfo Sulsel Dapat Kabar Ayahnya Meninggal Saat Bawakan Materi di AMSI Sulsel
Kabar duka datang dari Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan (Kominfo-SP Sulsel), Amson Pad...
Nasional16 Oktober 2021 16:26
Kabar Gembira! Pemerintah Bakal Beri Kado untuk Para PNS di Tahun 2022, Cek Disini
JAKARTA– Kabar gembira datang buat para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, tahun 2022 para aparatur negeri sipil bakal tetap mendapatkan boos...
News16 Oktober 2021 16:04
Di Tahun 2022, Bandara Selayar Rencana Dikembangkan Runway Jadi 2.400 Meter
SELAYAR– Bandara Udara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar direncanakan akan dikembangkan di tahun 2022 dengan penambahan runway. Penamba...