Logo Lintasterkini

Cegah Narkoba, BNNP Sulsel Sosialisasikan P4GN di Hadapan Ratusan Pelajar SMA

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Minggu, 16 Februari 2020 14:37

BNNP Sulsel Sampaikan Bahaya Narkoba di SMA 12 Kota Makassar.
BNNP Sulsel Sampaikan Bahaya Narkoba di SMA 12 Kota Makassar.

MAKASSAR–Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat terus digencarkan oleh BNNP Sulsel seperti yang dilakukan belum lama ini di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) 12 Kota Makassar.

BNNP Sulawesi Selatan melalui Penyuluh Narkoba Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) melaksanakan Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan di SMA Negeri 12 Makassar.

Program tersebut dibuat oleh Harian Fajar Makassar yang menggandeng BNNP Sulawesi Selatan dengan mengusung tema “Fajar Back to School” dan dihadiri oleh 200 orang Siswa/Siswi dan Guru SMAN 12 Makassar.

Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Idris Kadir mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika BNN menjalankan amanah pemerintah untuk mencegah peningkatan laju prevalensi penyalahgunaan coba pakai melalui diseminasi informasi P4GN.

“Diseminasi ini dilaksanakan melalui media penyuluhan dan sosialisasi, media elektronik seperti Televisi, Radio; media luar ruang; dan media cetak,” ujar Idris

“Berdasarkan hasil penelitian BNN bekerjsama dengan LIPI menyatakan bahwa penyuluhan melalui media tatap muka/sosialisasi dan melalui media sosial merupakan metode paling efektif dalam menyampaikan diseminasi informasi P4GN,” terangnya.

Sementara itu, Psikolog Anak P2M BNNP Sulsel, Surya Sulistiawati dalam penyuluhannya menyampaikan informasi terkait bahaya obat-obatan yang marak disalahgunakan oleh anak sekolah saat ini. Selain itu, ia juga menyampaikan pula informasi terkait narkoba jenis baru yang sudah beredar di Indonesia khususnya Sulawesi selatan.

“Upaya serius dalam penanggulangan narkoba dikalangan pelajar tak bisa ditawar lagi. Karena fakta saat ini, tren penyalahgunaan narkoba telah bergeser dari pekerja ke kalangan pelajar dan remaja.Proteksi pelajar dari ancaman narkoba, merupakan salah satu upaya menjaga bonus demografi agar nantinya menjadi generasi yang produktif,” ujar Surya.

Diketahui, Pada event Fajar Back to School ini, selain penyuluhan dari BNN, ditampilkan pula kegiatan Ekstrakurikuler dari SMAN 12 Kota Makassar.(*)

Penulis : Supri

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...