Logo Lintasterkini

Mendikbud Diminta Turun Tangan Atasi Masalah Pemecatan Guru Honorer di Bone

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 16 Februari 2021 02:13

Ketua Komisi X DPR RI, Saiful Huda.
Ketua Komisi X DPR RI, Saiful Huda.

JAKARTA — Pemecatan sepihak yang dilakukan oknum Kepala Sekolah Dasar 169 Sadar Kecanatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terhadap seorang guru honorer sontak viral di jagad maya. Guru honorer yang dipecat bernama Ibu Guru Hervina (Vina) tersebut dikarenakan pihak sekolah tidak dapat menerima postingan sang guru di Facebook terkait rincian honor yang didapatkan dari dana BOS selama 4 bulan bertugas sebesar Rp.700.000.

Pemecatan itu terdengar sampai di Gedung DPR RI Senayan Jakarta. Komisi 10 DPR RI yang membidangi pendidikan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dapat turun tangan menangani pemecatan sang guru honorer itu.

Ketua Komisi 10 DPR RI Saiful Huda, Sabtu (12/2/2021) berharap Mendikbud dapat berinisiatif menyelesaikan persoalan pemecatan guru honorer di Kabupaten Bone. Dia juga meminta kepada Mendikbud agar guru honorer tersebut dipastikan tetap bisa mengajar.

“Saya malah berterima kasih ada guru yang memposting seperti itu. Apapun motifnya guru honorer mengunggah gajinya sebesar Rp700 ribu di media sosial, itu merupakan cermin kesejahteraan guru di dunia pendidikan Indonesia,” ujar Saiful Huda.

Saiful mengingatkan, perlakuan yang tidak adil terhadap guru honorer perlu dihentikan. Karena sesungguhnya, tanpa guru honorer dunia pendidikan akan lumpuh.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan semua pihak harus memanfaatkan momentum ini untuk membuat komitmen besar dan mencari jalan terbaik bagi peran guru di dunia pendidikan.

“Ini jadi momentum bersama untuk memastikan kesejahteraan guru bisa terjamin, apapun masalahnya,” tegasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Penemuan Mayat dalam Karung di Gowa, Polisi Masih Menyelidiki
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 11:05
Penemuan Mayat dalam Karung di Gowa, Polisi Masih Menyelidiki
Informasi yang dihimpun, pihak Polsek Bontomarannu mendapatkan informasi warga terkait adanya penemuan mayat. Kapolsek Bontomarannu, Iptu Bahtiar, ber...
Danny Lanjutkan Program Rise Atasi Kemiskinan di Makassar
News06 Maret 2021 23:28
Danny Lanjutkan Program Rise Atasi Kemiskinan di Makassar
Kelanjutan program Rise ini sudah terangkum dalam program Sombere Smart City....
Tukang Batu di Pinrang Dibekuk Usai Curi Mesin Air
Hukum & Kriminal06 Maret 2021 22:58
Tukang Batu di Pinrang Dibekuk Usai Curi Mesin Air
HN mengakui perbuatannya. Telah mencuri mesin pompa air itu pada 29 Februari 2021 lalu....
Vaksin Habis di Pinrang, Ada Pedagang Tidak Kebagian Marah-marah
News06 Maret 2021 21:10
Vaksin Habis di Pinrang, Ada Pedagang Tidak Kebagian Marah-marah
Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi mengatakan vaksinasi tahap kedua ini dikhususkan pe...