Logo Lintasterkini

Percaya atau Tidak, Katanya Wanita Jago Selingkuh..!

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 16 Mei 2020 15:20

ilustrasi
ilustrasi

Bukan suatu rahasia jika hubungan percintaan yang kandas biasanya sering menyalahkan kaum pria. Kaum prialah yang selalu menjadi kambing hitam karena diduga adanya orang ketiga.

Padahal menurut penelitian justru wanita yang lebih jago dalam hal berselingkuh. Kalian percaya atau tidak?

Seperti disadur dari https://wolipop.detik.com/ yang dikutip dari ST. Lucia News Online, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Western Australia, wanita memiliki kemampuan untuk berselingkuh karena mereka pandai menutupi ketidaksetiannya tersebut. Jika dibandingkan dengan wanita, pria kurang bisa menutupi perselingkuhannya.

Penelitian ini melibatkan 1.500 responden. Dalam penelitian, para responden diperlihatkan foto 101 pria dan 88 wanita dewasa. Setelahnya para responden diminta untuk memberikan peringkat 1 hingga 10 seberapa besar orang-orang dalam foto tersebut bisa dipercaya, dimana peringkat 10 menyatakan bahwa orang tersebut paling memungkinkan untuk menjadi pelaku perselingkuhan.

Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa para responden, baik pria maupun wanita sama-sama bisa menebak dengan benar foto pria yang berselingkuh. Namun tebakan ini tidak berlaku pada foto wanita. Ketika wanita bisa dengan mudah mendeteksi jika pasangannya berselingkuh hanya dengan menatap wajah pasangannya, tetapi tidak demikian dengan pria. Pria tidak bisa menebak dengan benar foto wanita mana yang berselingkuh.

Bagi dokter sekaligus penulis buku seputar seks, Dr Alverston Bailey, hasil riset di atas tidak mengejutkan. Menurutnya memang wanita lebih mampu menutupi jejaknya saat melakukan sebuah ‘dosa.’

“Umumnya, wanita jauh lebih efisien dalam menutupi jejak mereka jika mereka menyimpang karena mereka lebih baik dalam verbalisasi perasaannya dan lebih emosional, oleh karena itu mereka lebih dapat dipercaya. Dan karena intuitifitas wanita, mereka dapat mengontrol tindakan dan perilaku mereka untuk menghindari kecemburuan dari pasangannya. Wanita juga lebih ekspresif secara fisik, dan karena itu menghasilkan kecurigaan yang lebih sedikit ketika mereka menggoda,” kata Bailey.

Bailey menambahkan bahwa pria memang seringkali terlihat sebagai pelaku perselingkuhan, namun perlu diingat juga bahwa pria berselingkuh dengan wanita. Jadi menurut Bailey, baik pria maupun wanita sama-sama berselingkuh, hanya wanita lebih pandai menutupi perselingkuhannya.

Pendapat lain juga diberikan oleh seksolog, Dr Karen Carpenter. Menurut Carpenter, saat menjadi pelaku perselingkuhan, wanita cenderung lebih berhati-hati. Ini karena mereka menyadari bahwa wanita memiliki sanksi sosial yang lebih besar daripada pria jika mereka kedapatan berselingkuh.

Eits.. jangan emosi dulu yah karena ini hasil penelitian. Benar atau tidaknya semuanya ini di atas kertas. Yang paling penting adalah, apakah kalian merasa demikian atau tidak.

Intinya, mari jaga setiap hubungan yang ada. Hargai pasangan kalian dan jujur dengan setiap kondisi yang ada. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ada 54 Daerah Zona Oranye Bergeser ke Zona Merah, Ini Rinciannya !
Bersama Melawan Covid-1921 Januari 2021 02:56
Ada 54 Daerah Zona Oranye Bergeser ke Zona Merah, Ini Rinciannya !
"Apabila kita lihat peta (zonasi), hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki risiko penularan Covid-19 yang sangat tinggi," jelas Juru Bicara Satgas...
Reaksi Pasca Vaksinasi: Kebanyakan Hanya Pegal, Lapar, dan Mengantuk
Bersama Melawan Covid-1921 Januari 2021 02:20
Reaksi Pasca Vaksinasi: Kebanyakan Hanya Pegal, Lapar, dan Mengantuk
"Reaksi ini wajar dan masuk dalam kategori ringan. Kalaupun ada demam itu wajar sebagai suatu reaksi dalam pembentukan imunitas dalam tubuh,” kata d...
Pasca Vaksinasi Tenaga Kesehatan, Laporan KIPI Bersifat Ringan
Bersama Melawan Covid-1921 Januari 2021 01:50
Pasca Vaksinasi Tenaga Kesehatan, Laporan KIPI Bersifat Ringan
"Jadi, laporan KIPI yang masuk setelah tenaga kesehatan divaksin yang pertama, semua sehat dan tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ...
Kasus Covid-19 Melonjak, Satgas Ingatkan Kemenkes-Pemda Integrasikan Data
Bersama Melawan Covid-1921 Januari 2021 00:40
Kasus Covid-19 Melonjak, Satgas Ingatkan Kemenkes-Pemda Integrasikan Data
"Kenaikan penambahan kasus harian yang sangat tinggi, bahkan tertinggi semenjak kasus Covid-19 pertama masuk ke Indonesia salah satunya disebabkan v...