Logo Lintasterkini

Kalla Institute Dorong Para Peneliti Lokal Tingkatkan Kapasitas Melalui Pelatihan Penulisan Jurnal Scopus

Fakra
Fakra

Senin, 17 Juni 2024 19:25

Kalla Institute mengadakan Pelatihan Penulisan Jurnal Scopus di Auditorium Kampus Kalla Institute, Lt 6 Office Building Nipah Park.(Foto:Kalla)
Kalla Institute mengadakan Pelatihan Penulisan Jurnal Scopus di Auditorium Kampus Kalla Institute, Lt 6 Office Building Nipah Park.(Foto:Kalla)

MAKASSAR – Dalam upaya meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel yang layak dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus, Kalla Institute mengadakan Pelatihan Penulisan Jurnal Scopus di Auditorium Kampus Kalla Institute, Lt 6 Office Building Nipah Park.

Acara yang berlangsung pada Senin, 10 Juni 2024 di Auditorium Kampus Kalla Institute, Lt 6 Office Building Nipah Park ini dihadiri oleh dosen dan sivitas akademik Kalla Institute, termasuk Ketua Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Kalla Institute, Andi Jamiati Paramita, S.T., MT.

Pelatihan ini menghadirkan Ir. Rismayani, S.Kom., M.T. sebagai pembicara, yang memaparkan berbagai kiat dan tips dalam menulis artikel yang layak dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus.

Para peserta pelatihan mendapatkan panduan mengenai cara mencari jurnal yang tepat, tips menulis artikel yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, serta strategi untuk menghadapi proses review jurnal internasional.

Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam upaya Kalla Institute untuk mendorong keunggulan penelitian dan inovasi. Artikel dosen yang terbit di jurnal terindeks Scopus akan menaikkan nilai sinta score institusi, yang pada gilirannya akan meningkatkan klaster kampus dan daya saing Kalla Institute di kancah nasional dan internasional.

“Pelatihan ini tidak hanya penting bagi peneliti lokal, tetapi juga bagi semua peneliti”, ungkap Andi Jamiati Paramita.

Dengan adanya pelatihan ini maka peneliti pemula dapat memanfaatkannya untuk mempelajari cara menyusun roadmap penelitian dan publikasi, serta menyusun draft artikel yang baik.

“Peneliti pemula dapat mulai belajar menyusun roadmap penelitian dan publikasinya serta belajar menyusun draft artikel yang baik. Sedangkan bagi peneliti yang lebih berpengalaman, pelatihan ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kualitas publikasi mereka dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan hibah penelitian”, jelas Andi Jamiati Paramita lebih lanjut.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel yang layak dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membantu para peneliti lokal untuk meningkatkan kualitas publikasi mereka dan berkontribusi pada kemajuan penelitian di Indonesia,” papar Andi Jamiati Paramita.

Pelatihan Penulisan Scopus ini merupakan salah satu langkah nyata Kalla Institute dalam mendorong keunggulan penelitian dan inovasi. Dengan meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel ilmiah berkualitas tinggi, diharapkan dapat meningkatkan publikasi penelitian di jurnal internasional terindeks Scopus dan membawa dampak positif bagi kemajuan bangsa.

Saat ini Kalla Institute membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024-2025, hingga bulan September 2024 mendatang. Adapun program studi yang ditawarkan Kalla Institute untuk jenjang sarjana yakni program studi Kewirausahaan, Manajemen Retail, Bisnis Digital, dan Prodi Sistem Informasi.(***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...