Logo Lintasterkini

HMPS PTP UNM Tanam-Bagikan Pohon Gratis untuk Antisipasi Perubahan Iklim

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 17 Agustus 2021 14:39

HMPS PTP UNM Tanam-Bagikan Pohon Gratis untuk Antisipasi Perubahan Iklim

MAKASSAR — Climat Change atau perubahan iklim seperti yang terjadi saat ini sangat mengancam keberlangsungan makhluk hidup. Salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim ini adalah semakin berkurangnya hutan dan ruang terbuka hijau.

Luas indikatif hutan tropis di Sulawesi Selatan hanya tinggal 2,1 juta ha. Sedangkan Makassar yang merupakan ibu kota provinsi beberapa tahun terakhir terus mengalami pembangunan yang pesat tetapi berbanding terbalik dengan kondisi ekologi.

Kondisi tersebut yang mendasari Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian (HMPS-PTP) FT Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penanaman bibit pohon di sejumlah lokasi. Salah satunya di kawasan pinggiran sungai Jeneberang.

“Sungai Jeneberang yang beberapa tahun terakhir sering mengalami peluapan ketika curah hunan tinggi. Hal ini menjadi salah satu perhatian penting sehingga perlu di upayakan penghijauan di sekitaran sungai sebagai resapan air,” ujar Akbar Ketua HMPS PTP, Selasa (17/8/2021).

Akbar berharap penanaman bibit pohon ini mampu menjadi alternatif penyerapan air, khususnya di pinggiran sungai Jeneberang.

“Dengan kegiatan ini kita berharap dapat mencegah potensi banjir di kawasan sekitar sungai, selain itu ini bentuk edukasi kepada masyarakat untuk menyayangi lingkungan,” lanjutnya.

Selain melakukan penanaman, para mahasiswa juga membagikan bibit pohon kepada pengguna jalan di depan kampus UNM Parangtambung.

“Harapanya mampu menjadi prmantik untuk masyarakat agar dapat peduli terhadap lingkungan dan mulai menanam pohon,” lanjut Akbar.

Sementara itu, Pembina HMPS PTP FT UNM, Ratnawaty Fadilah menyebut kegiatan ini merupakan bentuk edukasi dan aksi langsung para mahasiswa.

Ia pun berharap melalui kegiatan ini nantinya dapat memberikan dampak perubahan yang nyata bagi lingkungan.

“Tentu kita berharap akan semakin banyak ruang-ruang terbuka hijau yang tercipta dikemudian hari,” ujar Dosen PTP itu.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.(*)

 Komentar

 Terbaru

News18 September 2021 17:57
Razia Kos-kosan, Polisi Temukan Pasangan Penyuka Jenis dan Kondom Bekas Pakai
Razia kos-kosan kembali dilancarkan aparat kepolisian. Kali ini, sepasang pria diduga penyuka sesama jenis dan tiga pasangan muda-mudi terjaring razia...
News18 September 2021 17:02
Putus Mata Rantai Covid-19, Polsek Tamalate Suskes Gelar Vaksinasi Presisi Pelajar di SMAN 20 Makassar
MAKASSAR– Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terus digencarkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah pusat sudah mener...
Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...