Logo Lintasterkini

Tim Transisi Danny-Fatma Susun Kriteria Calon Pejabat Eselon II

Budi S
Budi S

Kamis, 18 Februari 2021 20:10

Pertemuan reguler Tim Transisi Danny-Fatma (Istimewa)
Pertemuan reguler Tim Transisi Danny-Fatma (Istimewa)

MAKASSAR – Tim Transisi bentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi, kembali melakukan pertemuan reguler di Hotel Teras Kita, Makassar, Kamis (18/02/2021).

Kali ini, mereka menyusun kriteria calon pejabat eselon II yang akan memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Makassar nantinya.

“Ada susuan kriteria tambahan di luar syarat formal yang sebelumnya telah diatur dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait jabatan dan kepangkatan,” kata salah satu Tim Transisi, Prof Aminuddin Ilmar dalam keterangannya.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu lalu bilang, hasil pembahasan hingga evaluasi tersebut, akan direkomendasikan ke Danny-Fatma.

Ada beberapa poin nantinya yang akan direkomendasikan.

“Acuan yang dibuat Tim Transisi tidak lepas dari keinginan wali kota terpilih untuk melakukan reformasi birokrasi di Pemkot Makassar. Sebab, dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim Transisi ada kinerja aparatur pemkot yang dinilai belum optimal,” kata Prof Aminuddin.

Dia menyimpulkan, jika kriteria calon pejabat eselon II akan ditentukan oleh pola dan model rekruitmen. Tentu disajikan lebih detail dari setiap tahapannya.

“Contoh, salah satu yang akan direkomendasikan nantinya bagi calon pejabat yang mengikuti proses rekruitment harus diulik rekam jejaknya secara detail dan menyeluruh,” ucap Prof Aminuddin.

“Ini penting dilakukan, agar orang-orang yang dipilih nantinya betul-betul memiliki komitmen kuat terhadap agenda pemberantasan korupsi. Rekam jejaknya harus dikupas tuntas. Misalnya apakah dia pernah terima suap, pernah menjadi pihak terlapor dan sebagainya,” lanjutnya.

Pada penyusunan agenda strategis tersebut, juga dibutuhkan peran Inspektorat. Sebab, tracking data akan bermuara ke sana.

“Kita bisa tracking rekam jejak ini ke inspektorat, dan itu harus lengkap. Inspektorat harus punya itu. Agar semua betul-betul dijalurnya,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Transisi, Henni Handayani mengatakan, pembahasan kriteria dan syarat calon pejabat OPD adalah bagian dari agenda tim transisi sebelumnya yang sudah dirampungkan. Di antaranya pendalaman visi misi, pemetaan program, dan ‘sharing session’ dengan mitra eksternal.

Tim Transisi menargetkan dalam waktu dekat akan merampungkan semua agenda sebelum jadwal pelantikan. Semuanya akan disampaikan langsung ke Danny-Fatma.

“Semua yang dihasilkan tim transisi sifatnya rekomendasi dan masukan bagi walikota dan wakil walikota terpilih untuk membantu mewujudkan seluruh visi dan misinya,” tutupnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kasus Korupsi di Sulsel Diduga Sudah Berlangsung Lama dan Terorganisir
Hukum & Kriminal01 Maret 2021 03:04
Kasus Korupsi di Sulsel Diduga Sudah Berlangsung Lama dan Terorganisir
"Korupsi adalah kejahatan terorganisir yang terjadi dalam rentang waktu yang sudah lama. Jika benar ada korupsi di Sulsel dan diduga melibatkan gubern...
Vaksinasi Tahap 2, Wartawan dan Pekerja Media Termasuk Prioritas
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 02:17
Vaksinasi Tahap 2, Wartawan dan Pekerja Media Termasuk Prioritas
"Meskipun, ada kelompok yang menjadi prioritas penerima vaksin, pemerintah menjamin bahwa nantinya vaksin dapat diakses dengan mudah oleh semua kelomp...
Vaksinasi COVID-19 Menyasar Gedung KPK
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 00:32
Vaksinasi COVID-19 Menyasar Gedung KPK
"Penetapan ini sudah melalui pertimbangan-pertimbangan yang juga berbasis data," jelas Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, d...
Ini Progres Posko Covid-19 Menurut Satgas
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 00:26
Ini Progres Posko Covid-19 Menurut Satgas
"Melihat hasil evaluasi kinerja posko periode 11 - 22 Februari 2021, bahwa aktivitas paling banyak dilakukan saat ini adalah edukasi dan sosialisasi 3...