Logo Lintasterkini

Abdurahman Wahid Dorong Kader PMII Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 18 Mei 2018 00:11

Abdurahman Wahid menorong kader PMII hadapi era revolusi industri 4.0.
Abdurahman Wahid menorong kader PMII hadapi era revolusi industri 4.0.

JAKARTA – Dalam rangka Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke-58 yang dilaksanakan di Gedung Sabuga Bandung dengan Tema “Satu Barisan dan Satu Cita PMII Untuk Indonesia”, Selasa, (17/4/2018), Abdurahman Wahid selaku Ketua PC PMII Ciputat 2017-2018 memberikan pesan untuk kader PMII se-Indonesia dalam menyikapi perkembangan globalisasi dan teknologi modern.

Menurut dia, saat ini Indonesia tengah memasuki era revolusi industri 4.0, yaitu era dimana dunia industri digital telah menjadi suatu paradigma dan acuan dalam menghadapi kehidupan. Era revolusi industri 4.0 hadir bersamaan dengan era disrupsi, hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi kader PMII.

“PMII sebagai ruang pengembangan kapasitas, kreativitas dan inovasi harus mampu menjawab perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0 saat ini. Tentu ini harus sejalan dengan rule model kaderisasi di PMII, agar kader PMII kedepan tidak gagap dalam menyikapi ekonomi digital dan revolusi industri 4.0,” papar Wahid.

Lanjut Wahid, di Usia PMII Ke-58, kader perlu untuk memberikan narasi yang utuh agar persoalan bangsa mampu dijawab dengan sikap yang bijak dan dewasa. Paradigma PMII yang ada saat ini, tambah dia, perlu juga melihat literasi teknologi.

Pengembangan sumber daya manusia, kemampuan membaca, menganalisa dan membuat konklusi berfikir berdasarkan data (realitas) serta Informasi (big data) sebagai modal untuk memperkuat kapasitas kader. Untuk itu, tugas kaderisasi saat ini melalui proses pembelajarannya bukan hanya menekankan pada penguatan kompetensi paradigma lama, tetapi secara simultan mengokohkan pada penguatan literasi/paradigma baru yang menyatu dalam penguatan kompetensi bidang keilmuan dan keahlian atau profesi.

“Kita harus siap Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 atau era disrupsi,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....