Logo Lintasterkini

Sandiaga Uno Bakal Ajukan Wisata Toraja dan Selayar ke UNESCO

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 18 Juni 2021 10:51

Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Sulsel. (Istimewa).
Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Sulsel. (Istimewa).

MAKASSAR– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan mengajukan dua wisata di Kabupaten Toraja dan Selayar ke UNESCO

Hal itu disampaikan Sandi saat melakukan silaturahmi bersama Plt Gubernur Sulsel di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur, Jalan Sungai Tangka, Kamis (17/6/2021) malam.

Sandiaga memasukkan Kabupaten Tana Toraja dan Selayar dalam listnya untuk didatangi dalam kunjungan kerja berikutnya. Bahkan, ia akan mengajukan dua wisata tersebut ke UNESCO sebagai wisata terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi secara berkelanjutan untuk kemajuan ekonomi masyarakat.

“Ada lagi yang kita akan dorong sebagai wisata terpadu termasuk kunjungan ke Toraja dan Selayar,” kata Sandi

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, bahwa Sulsel merupakan gerbang pembangunan dan ekonomi di Indonesia Timur. Kendati begitu, ia berharap pariwisatanya terus menggeliat sehingga menarik wisatawan lokal dan asing untuk masuk berwisata.

“Saya sangat melihat antusiasme kebangkitan pariwisata dan ekonomi. Harapan kami, pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kita pulih, tapi kita tetap patuh terhadap protokol kesehatan,” katanya

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memanfaatkan moment ini untuk memperkenalkan wisata-wisata unggulan yang ada di Sulsel. Mulai dari Toraja yang saat ini aksesnya sudah dimudahkan dengan kehadiran bandara Buntu Kunik.

“Salah satu alasan orang memilih tempat wisata karena aksesnya luas, alhamdulillah sudah ada bandara di sana jadi para wisatawan bisa sampai ke Toraja dengan cepat,” ungkap Sudirman.

Lebih lanjut, Sudirman memaparkan, bahwa di Selayar ada Takabonerate, keindahan lautnya sangat luar biasa kata. Belum lagi, di daerah-daerah lainnya seperti Gowa, Sinjai, Bulukumba, Barru, dan Soppeng.

“Kalau di Soppeng ada tempat wisata yang bagus, namanya permandian wisata air panas, Lejja,” bebernya.

Ia juga meminta Kemenparekraf untuk pendampingan agar kedepan lebih mudah untuk memenuhi syarat-syarat global geopark UNESCO, utamanya untuk Geopark Makassar-Pangkep Rammang-rammang.

“Kami meminta dukungan dari bapak menteri, tadi sudah ada statement dari bapak menteri akan mendukung penuh kita, termasuk pendampingan periode untuk assessment dari asesor UNESCO,” kaya Sudirman.

“Kehadiran Menparekraf dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif, desa wisata, serta potensi-potensi wisata yang ada di Sulsel,” imbuhnya. (*)

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Sulsel dengan melaunching Makassar Jazz Festival di Center Point Of Indonesia (CPI), Kota Makassar pada Kamis (17/6/2021).

Selain itu, ia juga berkunjung dengan menikmati panorama alam yang ada di karst Rammang-rammang, Salenrang Kabupaten Maros dan Pangkep.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News06 Desember 2022 16:22
Perumda Pasar Karya Terapkan Kawasan Tanpa Rokok Bagi Seluruh Pegawai, Berlaku Mulai Awal Desember
MAKASSAR – Perumda Pasar Makassar Raya (Karya) mulai menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bagi seluruh pegawai di kantor Perumda Pasar. Hal itu...
News06 Desember 2022 14:01
Kapolda Sulbar : Pentingnya Modernisasi Sarana dan Prasarana Bagi Polairud
MAMUJU – Kapolda Sulbar Irjen Pol Drs Verdianto I. Bitticaca, M.Hum menjadi inspektur upacara dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 kepo...
Politik06 Desember 2022 14:00
Bawaslu Pinrang Gelar Rakor Mitra Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu
PINRANG — Bawaslu Kabupaten Pinrang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Mitra Penanganan Pelanggaran Pemilu dengan tema “Sinergitas Penegak...
Ekonomi & Bisnis06 Desember 2022 12:04
Warning, Ada yang Beda di Perayaan tahun Baru di MaxOne Hotel & Resort Makassar
MAKASSAR – Moment tutup tahun ada waktu yang selalu di nanti nantikan oleh setiap orang. Sebaba moment tersebut selalu dijadikan waktu untuk be...