Logo Lintasterkini

KALLA Berkolaborasi Bersama Komunitas WCD Sulsel Hadirkan Program Aksi Bersih

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 18 September 2023 13:19

KALLA Berkolaborasi Bersama Komunitas WCD Sulsel Hadirkan Program Aksi Bersih
KALLA Berkolaborasi Bersama Komunitas WCD Sulsel Hadirkan Program Aksi Bersih

MAKASSAR – Menyambut World Clean Up Day, KALLA gelar program aksi bersih bersih bersama Kalla Rescue dan WCD (World Clean Day) Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di kanal Kandea, mulai dari kanal masjid Almarkaz, pasar terong sampai kanal jalan Abubakar Lambogo Makassar dengan Panjang 1,5 km, Minggu (17/9/2023).

Kolaborasi KALLA bersama WCD Sulsel ini merupakan Upaya membangun kepedulian masyarakat akan zero waste melalui portal perubahan kepedulian sampah dengan realaction, education, dan advocation.

Portal perubahan yang dibangun ini bertujuan untuk senantiasa mengadakan aksi nyata agar menjadi contoh bagi masyarakat sebagai agen perubahan, selain itu juga berupaya dalam mendidik masyarakat terutama anak-anak untuk meningkatkan perubahan perilaku yang berkelanjutan serta mendorong Perubahan yang terarah di dalam ruang lingkup Perusahaan dan pemerintah.

Rafiquah Djamil, selaku Corporate Social Responsibility Department Head KALLA mengungkapkan bahwa kolaborasi yang terjalin bersama WCD Sulsel secara umum diharapkan mampu memberikan Pemahaman kepada masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah.

“Kita berharap semoga aksi bersih kanal ini bisa menjaga kebersihan dan fungsionalitas system drainase atau kanal yang ada di kota Makassar, serta memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dalam mencegah banjir, mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi resiko kesehatan nantinya,”ungkapnya.

Melalui kegiatan aksi bersih kanal, masyarakat diharapkan bisa semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perkotaan karena sampah yang terakumulasi di kanal dapat mempengaruhi kualitas air dan menyebabkan pencemaran lingkungan serta penyebaran virus penyakit. Sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan yang akan berdampak langsung pada ekosistem dan Kesehatan masyarakat.

Selainitu, aksi bersih ini juga tidak hanya sekedar membersihkan area kanal tetapi juga memaksimalkan potensi dari sampah yang dikumpulkan sehingga dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

“Sampah yang berhasil dikumpulkanakan dilanjutkan ke tahap pemilahan dan penimbangan. Sampah anorganik yang bernilai guna akan diserahkan ke bank sampah pusat, sementara sampah yang tidak bernilai guna akan diangkut ke TPA oleh pihak kecamatan,” tambahnya.

Aksi bersih ini juga turut mendapatkan dukungan dari pemerintah kota Makassar melalui dinas lingkungan hidup, TNI, Yotta, Hasamitra, Ego to Eko Permabudi dan Olymplast. Selain itu juga

melibatkan komunitas volunteer dari mahasiswa pencinta alam, PMI dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1200 orang. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal24 September 2023 22:32
Dijadikan Terdakwa, Perwakilan Investor Berharap Ada Keadilan
MANADO – Pengadilan Negeri (PN) Manado, saat ini tengah memproses sidang kasus dugaan korupsi PT. Air Manado. Di mana, salah satu terdakwanya, J...
News24 September 2023 19:16
Hari Jadi MaRI Yoga Digelar di Bugis Waterpark Adventure
MAKASSAR – Bugis Waterpark Adventure (BWP) ditunjuk sebagai lokasi diselenggarakannya hari ulang tahun (HUT) MaRI Yoga yang keempat. Kegiatan te...
News24 September 2023 19:13
HUT TNI Ke-78, Personil Polres Sidrap Ikut Aksi Donor Darah
SIDRAP – Personil Polres Sidrap Polda Sulsel mengikuti Bakti Sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional I...
Kuliner24 September 2023 13:12
Acara Live Cooking di Instagram @thelightmakassar dan @dianfiqhyyy
MAKASSAR – Dalam rangka memberikan pengalaman kuliner yang unik bagi para penggemar masakan, The Light Makassar Hotel menyelenggarakan acara Liv...