Tim Gegana Satbrimob Polda Sulsel Lakukan Penyisiran Kebocoran Gas di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang

Tim Gegana Satbrimob Polda Sulsel Lakukan Penyisiran Kebocoran Gas di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang
MAKASSAR– Tim Penjinak Bom Gegana Satbrimob Polda Sulawesi Selatan kembali melakukan penyisiran di area yang diduga menjadi sumber kebocoran gas di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang, Makassar, Rabu (18/9/2024) pagi.
Sebelumnya, pipa gas milik hotel tersebut mengalami kebocoran yang menyebabkan gas keluar hingga ke jalan raya. Sebagai langkah antisipasi, polisi melakukan penutupan jalan di sekitar hotel untuk mencegah potensi ledakan.

Penyisiran oleh Tim Gegana

Setelah adanya informasi kebocoran pipa gas terjadi di Hotel Swiss-Belinn, Tim Gegana kembali melakukan penyisiran di sekitar lokasi, tepatnya di Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Sebelum memulai penyisiran, tim terlebih dahulu menghilangkan sisa-sisa gas berkapasitas delapan ton dengan menggunakan blower. Setelah memastikan kondisi aman, tim mempersiapkan alat deteksi khusus dan mengenakan pakaian pelindung lengkap.

Proses penyisiran dilakukan secara menyeluruh di area yang diduga menjadi sumber kebocoran. Selain itu, tim juga menggunakan alat explosimeter untuk mendeteksi kadar gas yang mudah terbakar dan meminimalisir kemungkinan terjadinya ledakan.

Pengamanan dan Penutupan Jalan

Selama proses penyisiran berlangsung, Polsek Panakkukang bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar menutup akses jalan di sekitar hotel dengan radius 100 hingga 200 meter. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi aktivitas warga yang dapat memicu ledakan.

Kapolsek Panakkukang, AKP Akhmad Alfian yang ditemui di  lokasi mengatakan, langkah-langkah pengamanan telah dilakukan dengan ketat demi memastikan keselamatan warga dan para penghuni hotel. Sejumlah penghuni hotel juga sempat dievakuasi sebagai langkah antisipasi.

“Adalag sekitar 100 penghuni atau tamu hotel yang dievakuasi. Mereka diinapkan di hotel lain yang ada di sekitar area ini. Untuk penyebab masih dalam penyelidikan,” terangnya.

Kebocoran pipa gas ini mendapat perhatian serius dari pihak kepolisian dan tim Damkar, mengingat potensi bahaya yang ditimbulkan. Hingga kini, penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebocoran masih dilakukan oleh pihak berwenang. (*)