Logo Lintasterkini

Danny Pomanto Motivasi Ratusan Mahasiswa Patria Artha

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 18 Oktober 2016 22:46

Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengisi kuliah umum di kampus Patria Artha.
Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengisi kuliah umum di kampus Patria Artha.

MAKASSAR – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan kuliah umum di Kampus Patria Artha Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa, Selasa, (18/10/2016). Di hadapan ratusan mahasiswa semester awal, Danny Pomanto, sebutannya, memberikan gambaran tantangan masa depan yang kelak dihadapi bangsa Indonesia.

Berbagai isu penting digulirkan orang nomor satu Makassar itu. Mulai dari proxy war, asimetri war hingga kisah inspiratif dari tokoh Walt Disney. Menurutnya, saat ini dunia tengah berada dalam proxy war dan asimetri war.

Negara-negara di dunia diliputi kekhawatiran akan terjadinya ledakan penduduk di tahun 2050. Ledakan penduduk yang bisa mengakibatkan kelangkaan pangan, sehingga negara-negara di dunia berlomba-lomba menguasai sumber pangan dan oksigen di bumi.

“Ada tiga negara penghasil oksigen di bumi karena memiliki hutan yaitu Indonesia, Brazil, dan Afrika Selatan. Ketiga negara itu adalah negeri yang subur dan penghasil bahan pangan,” ujar Danny.

Proxy war dan asimetri war digulirkan dengan cara-cara yang halus. Mereka melakukan invasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Melakukan pelemahan dengan menjauhkan generasi muda dari ideologi dan karakter bangsanya.

Pesan-pesan pornografi disebarkan melalui smart phone. Berbagai aplikasi dibuat yang mampu menghapus sekat ruang privasi dan publik serta batas antar negara. Kearifan dalam memanfaatkan teknologi dibutuhkan agar tidak terjebak pada penyalahgunaan teknologi. Dampaknya itu yang dapat membawa pengaruh negatif mulai dari kemerosotan moral hingga tindakan kriminal.

Danny melanjutkan, sebagai generasi penerus, mahasiswa harus membekali diri dengan berbagai pengetahuan. Sehingga mampu menaklukkan tantangan zaman. Caranya dengan membangun budaya literasi yang kuat. Memperbanyak membaca buku, artikel dan berdiskusi.

Selain itu, mahasiswa juga harus membekali diri dengan empat karakter positif. Keempat karakter positip itu yakni memiliki inisiatif, adaptif, inovatif dan positive thinking. Keempat karakter itu harus dibarengi dengan kecepatan.

“Termasuk kecepatan dalam mengambil keputusan, kecepatan dalam mengakses informasi, dan kecepatan bertindak atau responsive,” ujarnya.

Ia lalu berbagi kisah inspiratif dari tokoh dunia Walt Disney yang mampu keluar dari kemiskinan berkat karakter positive thinking yang dimiliki. Bakat melukis yang dimiliki Walt Disney dan inspirasi dari tikus-tikus yang kerap mengganggu tidurnya di malam hari menjadi jalan sukses Walt Disney menciptakan karakter kartun Mickey Mouse dan Minnie Mouse yang melegenda.

Kedua karakter kartun itulah yang mengantarkan Disney menjadi salah seorang figur terkaya di dunia. Berkat positive thinking, Disney mampu merubah nasibnya bahkan merubah wajah dunia. Berbagi keceriaan dan kebahagiaan bagi anak-anak di dunia.

Belajar dari sosok Disney, Walikota Danny mengajak mahasiswa Patria Artha selalu positive thinking dalam menghadapi kesulitan. Selalu ada jalan bagi manusia yang berusaha.

Ia menutup kuliah umum dengan sepenggal kalimat motivasi. “Dilahirkan miskin bukan salah kita, tapi melahirkan anak-anak miskin itu kesalahan kita,” kunci Walikota Danny. (*)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup29 Maret 2024 15:10
7 Tips Puasa Ramadan Saat Badan Kurang Fit
LintasTerkini.com – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam menjalani puasa da...
News29 Maret 2024 14:09
Lurah Tamparang Keke Lantik dan Kukuhkan Pengurus Karang Taruna
MAKASSAR – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tamparang Keke, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, periode 2024-2028 resmi dibentuk dan dikukuhkan d...
Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 08:15
Kendala Arus Mudik di Jalur Darat Sulsel, Pj Gubernur Minta Antisipasi
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 dalam Rangka Pengaman...